KPK Periksa Staf Khusus Irwandi Yusuf dan Teman Steffy Burase

Ada dua saksi yang diperiksa hari ini yaitu, Johhnic Apriano, staf khusus Gubernur Aceh dan Farah Amalia dari pihak swasta.

KPK Periksa Staf Khusus Irwandi Yusuf dan Teman Steffy Burase
Kolase Serambinews.com
Irwandi Yusuf dan Steffy Burase 

Laporan Masrizal I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Penyidik KPK kembali memeriksa saksi terkait kasus dugaan praktik suap dana otonomi khusus Aceh (DOKA) 2018 yang menyeret Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf pada Kamis (6/9/2018).

Ada dua saksi yang diperiksa hari ini yaitu, Johhnic Apriano, staf khusus Gubernur Aceh dan Farah Amalia dari pihak swasta. Keduanya diperiksa untuk tersangka Irwandi Yusuf.

"Kedua saksi telah datang memenuhi panggilan penyidik. Sekarang sedang dalam proses pemeriksaan," kata Jubir KPK, Febri Diansyah.

Merasa Bukan Haknya, Irwandi Yusuf Serahkan Rp 39 Juta ke KPK

Febri menjelaskan, terhadap saksi Johhnic Apriano perlu didalami pengetahuannya tentang pelaksanaan tugas Gubernur Aceh.

Sedangkan saksi Farah Amalia diduga merupakan teman dari saksi Steffy Burase.

Pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap saksi-saksi termasuk Steffy sebelumnya, kata Febri, tentu saja ada kaitan dengan pokok perkara dugaan korupsi yang sedang disidik saat ini.

KPK Geledah Apartemen Steffy Burase di Jakarta dan Kediaman Sayuti Abubakar, Sita Sejumlah Dokumen

"Seperti mendalami dugaan peran Steffy pada proyek di Aceh serta pengaruh dan kekuasaan Irwandi Yusuf terhadap proyek tersebut," ujarnya.

Selain itu, lanjut Febri, untuk saksi Farah yang rumahnya telah dilakukan penggeledahan, KPK perlu menelusuri kepemilikan aset dan juga hubungan saksi dengan Steffy.

Mengaku Kagumi Hasan Tiro, Steffy Burase Ditanya ‘Tahu Apa Kamu tentang Aceh’

"Karena ini terkait dengan pokok perkara dugaan korupsi, maka jelas hal tersebut menjadi kewenangan sekaligus kewajiban KPK menelusuri agar terang peristiwanya," pungkasnya.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help