Balon DPD Nihil Laporan Masyarakat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 23 calon sementara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh

Balon DPD  Nihil Laporan  Masyarakat
Intisari online
kpu 

* Sisa Masa Pelaporan Tinggal Dua Hari

BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 23 calon sementara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh, Sabtu (1/9) lalu. Selanjutnya sejak 1-9 September, masyarakat diberi kesempatan untuk memberi tanggapan atau masukan terkait dengan rekam jejak bakal calon tersebut.

Namun hingga Jumat (7/9), informasi yang diperoleh Serambi, belum ada satu laporan pun yang masuk dari masyarakat. Sesuai jadwal, masyarakat masih memiliki kesempatan dua hari lagi jika ingin melaporkan atau memberi tanggapan terhadap balon DPD asal Aceh.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Munawarsyah, mengaku telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD asal Aceh melalu media massa dan juga website KIP Aceh.

“Tapi sampai hari ini (kemarin) belum ada tanggapan. Ya kita tetap tunggu sampai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” kata Munawarsyah kemarin,.

Untuk diketahui, KPU RI mengumumkan DCS anggota DPD RI asal Aceh, Sabtu (1/9), melalui pengumuman Nomor: 992/PL/01.4-Pu/06/KPU/IX/2018 tentang Pengumuman Daftar Calon Sementara Anggota DPD Indonesia Pemilu 2019.

Di dalamnya, terdapat 23 nama calon anggota DPD RI asal Aceh. Secara khusus, KIP Aceh juga mengumumkannya kembali melalui website KIP Aceh, termasuk di harian ini. Pengumuman itu berdasarkan ketentuan dalam Pasal 262 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2017 dan Pasal 76 Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018.

Melalui pengumuman itu, masyarakat diharapkan dapat memberi masukan terhadap rekam jejak bacaleg, terutama terkait dengan tiga kejahatan terlarang yang diatur melalui Peraturan KPU, yaitu korupsi, narkoba, dan kejatahan seksual terhadap anak atau pedopilia.

“Kita harapkan masyarakat dalam dua hari ini dapat menyampaikan tanggapan terhadap calon yang telah diumumkan tersebut,” ujar Munawarsyah.

Ditanya Serambi tentang tanggapannya terkait pernyataan Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) yang menilai KIP Aceh kurang melakukan sosialisasi? Munawarsyah tak mau berkomentar. “No komen saya kalau itu,” pungkasnya.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help