LIRA Tuding Perekrutan Calon Komisioner KIP Agara Sarat Kepentingan Parpol, Pengumuman Molor

Ini sangat perlu demi Komisioner KIP Agara yang independen dan jujur dan tidak terlibat balas jasa pada Pemilu 2019 mendatang

LIRA Tuding Perekrutan Calon Komisioner KIP Agara Sarat Kepentingan Parpol, Pengumuman Molor
DOK SERAMBINEWS.COM
Logo KIP 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara, menuding perekrutan calon komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara, adanya indikasi sarat kepentingan masing-masing partai politik (Parpol) yang berkuasa untuk mensukseskan tujuannya pada Pemilu 2019.

Bupati LIRA Agara, M Saleh Selian, kepada Serambinews.com mengatakan, tim independen panitia seleksi calon KIP Agara telah menyerahkan 14 nama bakal calon komisioner KIP Agara.

Tapi, sampai Kamis (6/9/2018) belum diumumkan pihak Komisi A DPRK Agara.

Baca: Polres Agara Gerebek Rumah Warga, Temukan 18 Paket Sabu-sabu dan Tangkap Dua Laki-laki

Mereka menduga saat hendak mengambil penetapan masih adanya saling tarik ulur dan sarat kepentingan partai politik (Parpol) untuk mensukseskan tujuannya pada Pileg 2019.

LIRA Agara menduga dalam penetapan Komisioner KIP Agara tidak independen dan tak berdasarkan kemampuan masing-masing bakal calon Komisioner KIP Agara yang mereka lakukan saat penjaringan tersebut.

Tapi, terindikasi adanya "titipan" atau jatah parpol berkuasa untuk menduduki pimpinan dan anggota Komisioner KIP Agara.

LIRA Agara juga mencium aroma nama-nama bakal calon Komisioner KIP Agara yang kemungkinan besar akan menduduki posisi pimpinan dan anggota KIP Agara.

Baca: Inilah Daftar Nama 30 Calon Anggota KIP Agara yang Lulus Ujian Tulis

Untuk itu, LSM LIRA Agara meminta kepada tim pansel independen untuk membeberkan semua nilai-nilai kemampuan bakal calon Komisioner KIP Agara.

Ini sangat perlu demi Komisioner KIP Agara yang independen dan jujur dan tidak terlibat balas jasa pada Pemilu 2019 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved