Videotron Pemko Padam Total

Fasilitas umum videotron milik Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Langsa yang terletak di Simpang Kantor Pos

Videotron Pemko Padam Total
ilustrasi 

LANGSA - Fasilitas umum videotron milik Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Langsa yang terletak di Simpang Kantor Pos, persisnya di antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Sudirman, Kecamatan Langsa Kota, dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, kini videotron yang berfungsi sebagai tempat penyampaian informasi untuk masyarakat itu padam total.

Sekretaris Diskominfo dan Persandian Langsa, Mazidah, kepada Serambi, kemarin, membenarkan telah terjadi pengrusakan fasilitas milik negara, sehingga videotron ini tidak bisa difungsikan lagi. Kasus ini akan segera dilaporkan kepada pihak kepolisian agar pelakunya ditangkap.

Dijelaskannya, pengerusakan fasilitas videotron diketahui oleh stafnya pada Rabu (5/9) sore atau sekitar pukul 17.00 WIB, ketika petugas dinas terkait hendak menghidupkan videotron yang berada di Simpang Kantor Pos dimaksud.

“Rabu sore itu seperti biasa, pukul 17.00 WIB petugas kita datang untuk menghidupkan videotron itu. Namun petugas melihat kunci gembok pintu fasilitas videotron terlihat dalam kondisi rusak,” ujarnya.

Namun, tambah Mazidah, videotron masih bisa dihidupkan, karena tidak terlalu parah rusaknya. Kemungkinan pelaku yang hendak merusak total waktu itu terburu-buru ataupun ada orang yang melihatnya, sehingga pelaku tidak sempat merusak total.

“Apakah pelaku hendak mencuri ataupun memang bertujuan hendak merusak fasilitas layar lebar (videotron-red) ini, kami tidak bisa memastikan itu,” sebutnya.

Ternyata pengrusakan bukan hanya sekali. Pada hari berikutnya, Kamis (6/9), pelaku yang diduga masih orang yang sama juga kembali merusak. Sore itu petugas yang datang hendak menghidupkan videotron ini melihat kondisi bagian pintu tempat menghidupkan videotron rusak.

“Pada hari kedua ini, pelaku mencoba merusak kotak MCB meteran listrik PLN, sehingga kini videotron tidak bisa dinyalakan lagi,” ujarnya.

Lalu pada hari ketiga, Jumat (7/9), petugas yang datang mengontrol videotron pukul 10.00 WIB, melihat kondisi meteren listrik termasuk dinding videotron sudah dirusak lagi. Akibat perbuatan pelaku yang tak bertanggung jawab ini, fasilitas videotron sudah tidak bisa difungsikan seperti biasa lagi. Kasus pengrusakan alat ini akan segera dilaporkan kepada Polres Langsa untuk dilakukan penyelidikan dan menangkap pelaku.

Menurutnya, selama ini videotron ini menampilkan kegiatan Pemko Langsa dan informasi umum lainnya yang bersifat penting diketahui oleh masyarakat. Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Langsa mengimbau kepada masyarakat dapat menjaga bersama-sama fasilitas umum milik pemerintah. Apabila melihat oknum yang melakukan pengrusakan, Mazidah meminta segera dilaporkannya kepada pihak kepolisian ataupun dinas terkait.

Polisi Siap Usut
Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa SIK melakui Kasat Reakrim, Iptu Agung Wijaya Kusuma SIK, mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima aduan atau laporan dari pihak Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Langsa, terkait adanya pengrusakan fasilitasumum videotron di Simpang Kantor Pos daerah setempat itu.

“Kita belum tahu ada kejadian itu dan hingga malam ini kita juga belum menerima laporan tentang pengrusakan videotron tersebut. Jika sudah dilaporkan, kita tentunya akan melakukan penyelidikan untuk mengungkapnya,” ujar Kasat Reskrim.(zb)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help