BI dan Pemkab Aceh Jaya Kembangkan Klaster Nilam

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya bersama Bank Indonesia perwakilan Aceh melakukan kegiatan Pengembangan Klaster

BI dan Pemkab Aceh Jaya Kembangkan Klaster Nilam
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB bersama Kepala BI Perwakilan Aceh, Ketua ARC, dan pelaku Usaha Nilam, melakukan tanam bersama nilam di Gampong Seuneubok Padang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, Sabtu (8/9). 

CALANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya bersama Bank Indonesia perwakilan Aceh melakukan kegiatan Pengembangan Klaster Nilam di kawasan Desa Seunebok Padang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Program Atsiri (Essential Oil) Research Center (ARC) Unsyiah melalui program kerja sama dengan Korea dan dukungan Kemenristek Dikti dengan melibatkan stakeholder, perbankan dan dunia usaha dan petani nilam untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Bupati Aceh Jaya Irfan TB mengatakan bahwa nilam di Aceh Jaya sudah mulai di tanam oleh petani tahun 90-an, dan sudah berkembang pesat saat itu terutama di Kecamatan Pasie Raya, dan perekonomian masyarakat sudah makmur saat itu. Namun akibat terjangkitnya hama daun nilam sehingga, harga nilam semakin turun, maka antusias masyarakat untuk menanam nilam sudah menurun.

“Oleh karena itu, melalui rakor ini, saya mengharapkan adanya dorongan dari Bank Indonesia, serta upaya teknis terhadap petani nilam di Kabupaten Aceh Jaya dalam upaya pengembangan nilam sehingga dapat mengatasi penyakit kering daun, sehingga prospek nilam ke depan menjanjikan dengan adanya pembinaan kepada kelompok petani nilam itu sendiri,” kata Irfan TB.

Sementara itu Direktur Eksekutif ARC Dr Syaifullah Muhammad mengatakan klaster inovasi program digagas oleh Kemenristek Dikti merupakan sebuah konsep pendekatan meningkatkan perekonomian di sebuah kawasan.

Selanjutnya usai melaksanakan rapat koordinasi, rombongan melaksanakan penanaman nilam bersama di Gampong Seuneubok Pandang Kecamatan Teunom dengan luas lahan 2 hektare.(c52)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help