Enam Daerah Perjuangkan Pemekaran

Enam Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Aceh menyatakan akan ikut melancarkan aksi nasional di Jakarta

Enam Daerah Perjuangkan Pemekaran
ist
Seminar pemekaran Simeulue 

MEULABOH - Enam Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Aceh menyatakan akan ikut melancarkan aksi nasional di Jakarta dalam waktu dekat ini untuk menuntut Presiden mencabut moratorium pemekaran.

Enam CDOB tersebut akan bergabung dengan peserta CDOB lain se-Indonesia. Selain melancarkan aksi, pada Rabu (5/9) lalu CDOB asal Aceh bersama CDOB lain sudah melakukan pertemuan dengan DPR RI di Jakarta.

Koordinator Wilayah Sumatera Forkonas PPDOB se-Indonesia, Aduwina kepada Serambi, kemarin menjelaskan, agenda audiensi dan aksi massa ini merupakan bagian dari rangkaian perjuangan CDOB yang tak mengenal lelah dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk pemekaran.

“Forkonas meminta DPD RI untuk menindaklanjuti hasil pertemuan DPD RI dengan Wapres yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah pada Juli 2017 lalu. Kita juga meminta DPD RI bersama-sama delegasi Forkonas untuk bertemu Presiden agar segera menetapkan dua rencana peraturan pemerintah yaitu RPP Desertada dan RPP Detada sesuai amanah UU Nomor 23/2014,” kata Aduwina.

Dikatakannya pada aksi puncak, Forkonas juga akan mengangkat tuntutan yang sama yaitu menuntut Presiden segera mencabut moratorium pemekaran dengan menetapkan dua RPP menjadi PP sebagai landasan hukum dalam penataan daerah otonomi baru.

“Seharusnya Presiden sudah harus menetapkan dua RPP itu menjadi PP pada tahun 2016 lalu. Ini sesuai dengan UU 23/2014 yang mengharuskan Presiden menetapkan PP dua tahun setelah berlakunya UU tersebut,” kata Aduwina yang juga Dosen Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Aduwina menyatakan aksi nasional yang digelar damai itu di Jakarta akan dihadiri 173 CDOB se-Indonesia termasuk CDOB sejumlah kabupaten/kota dari Aceh. “Kita berharap CDOB yang sudah diusulkan dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh dapat terealisasi dalam waktu dekat menjadi CDOB untuk kemajuan masing-masing kabupaten/kota di Aceh ini,” demikian Aduwina.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved