Briefing Ratusan Pendamping Desa, Dirjen PPMD Ingatkan Pesan Moral Hijrah

mengajak seluruh pendamping desa dalam melaksanakan tugas pendampingan harus mampu menjaga amanah

Briefing Ratusan Pendamping Desa, Dirjen PPMD Ingatkan Pesan Moral Hijrah
IST
DIRJEN PPMD Kemendes PDTT, Taufik Madjid, didampingi Direktur PMD, M Fachri, dan Kadis PMD Provinsi Aceh, memberikan materi dalam acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa di Grand Hotel Permata Hati, Banda Aceh, Senin (10/9/2018). 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dirjen PPMD Kementerian Desa PDTT, Taufik Madjid dan Direktur PMD, M Fachri memberi pengarahan kepada ratusan pendamping desa dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa gelombang II di Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh, 10-11 September 2018.

Pada kesempatan itu, Dirjen PPMD mengingatkan para peserta untuk belajar dari sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Baca: Jadi Camat Banda Raya, Reza Kamilin Ingin Sukseskan MTQ, Ini Pejabat Eselon III Banda Aceh Lainnya

"Belajar dari peristiwa sejarah termasuk peristiwa hijrah menjadi keharusan bagi setiap anak bangsa, terutama bagi pendamping desa. Sebab, dalam peristiwa hijrah tersebut terkandung makna dan pesan moral yang luar biasa, antara lain kemampuan hijrah dari berpikir sempit-skeptis menuju berpikir luas dan strategis," ujarnya.

Selain makna tersebut, ucap dia, hijrah juga mengajarkan untuk berkomitmen total dalam mengawal pembangunan dan peradaban umat manusia yang maju dan kompetitif.

Untuk itu, Taufik mengajak seluruh pendamping desa dalam melaksanakan tugas pendampingan harus mampu menjaga amanah.

"Segala yang kita lakukan dalam konteks pendampingan desa harus amanah, kredibel dan akuntabel, sehingga dapat mempengaruhi perubahan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih baik. Perlu dicatat, semua perbuatan kita itu seluruhnya harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT," tukas Dirjen PPMD dalam kegiatan yang turut dihadiri Kadis PMD Provinsi Aceh, Satker Provinsi Aceh, Tenaga Ahli Koordinator Program Provinsi, dan Konsultan Nasional P3MD Jakarta tersebut.

Baca: Pendamping Desa di Bireuen Ikut Sosialisasi Pencegahan Narkoba Sekaligus Tes Urine

Sementara itu, Direktur PMD, M Fachri berharap agar proses pengawalan dana desa dalam musyawarah pembangunan gampong benar-benar dapat meningkatkan partisipasi warga dan menghasilkan output kegiatan yang kreatif dan inovatif.

"Proses kreatif dan inovatif itu harus selalu ditanamkan dalam benak pendamping desa agar tidak ketinggalan dengan arus kemajuan zaman," paparnya.(*)

Penulis: Saiful Walido
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help