Galus Tetap Targetkan 1.000 Hafiz

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues (Galus) tetap menargetkan lahirnya 1.000 hafiz

Galus Tetap Targetkan 1.000 Hafiz
Bupati M Amru didampingi Wabup Said Sani menyerahkan piala Bupati bergilir pada peraih juara umum MTQ Ke-VII kepada Camat Rikit Gaib Drs Bunyamin di Kutapanjang, Senin (10/9) malam. SERAMBI/RASIDAN 

* MTQ dan Zikir Akbar Digencarkan

BLANGKEJEREN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues (Galus) tetap menargetkan lahirnya 1.000 hafiz dan hafizah yang mampu menghapal 30 juz Quran. Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kecamatan dan kabupaten, termasuk zikir akbar terus digencarkan, sehingga target yang telah ditetapkan dapat dicapai.

Bupati Galus, Muhammad Amru dalam sambutan menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 H di Kutapanjang, Selasa (11/9) menegaskan melalui kegiatan MTQ dan zikir serta tausiah akbar maka akan mampu melahirkan hafiz dan hafizah 30 juz.

“Melalui moment tausiah akbar ini, diharapkan akan mampu melahirkan seribu hafiz dan hafizah,” ujarnya. Dia juga meminta masyarakat untuk terus menggalakkan pengajian di meunasah atau juga masjid-masjid, terutama anak-anak usia dini, remaja dan juga orang dewasa.

Saat menutup MTQ ke-7, juga di Kutapanjang pada Senin (10/9) malam, Bupati Muhammad Amru menyatakan MTQ bukan hanya sekedar perlombaan atau lomba seni membaca Quran. Dia menyatakan MTQ ini harus menjadi momen untuk menjadi Quran sebagai pedoman hidup dan landasan spiritual untuk membangun kehidupan yang bermakna.

Dia berharap masyarakat yang Islami dan mandiri serta sejahtera akan dapat diwujudkan. Sedangkan juara umum MTQ ke-7 diraih kafilah dari Kecamatan Rikit Gaib dengan tuan rumah Kecamatan Kutapanjang. MTQ tingkat kabupaten tersebut telah ditutup oleh bupati bersama unsur Muspida plus yang ditandai dengan penekanan tombol sirine untuk menutup Quran berukuran 1,5x5 meter pada Senin (10/9) malam

“Kepada kafilah yang sudah berhasil meraih juara, jangan berbangga hati dengan berlebihan, begitu juga dengan kafilah dan peserta yang belum berhasil, agar terus tetap belajar dan berlatih,” ujar Amru. Dalam MTQ tersebut yang diikuti kafilah dari 11 kecamatan, juara II dari kafilah Kecamatan Pining dengan nilai 35 poin.

Selanjutnya, disusul kafilah tuan rumah, Kecamatan Kutapanjang sebagai juara III dengan skor nilai 30 dan skor yang sama juga diraih Kecamatan Blangpegayon, sehingga keduanya ditetapkan sebagai juara III. Kecamatan Blangkejeren yang merupakan ibukota Kabupaten Gayo Lues meraih nilai 29, ditetapkan juara harapan terbaik.

Seorang anggota dewan hakim Aji Syahputra mengatakan Kecamatan Rikit Gaib berhasil mempertahankan juara umum, dimana pada MTQ ke-6 di Kecamatan Blangpegayon pada 2016, Rikit Gaib juga juara umum. Dia menjelaskan pada MTQ 2018, Rikit Gaib meraih nilai 67 setelah unggul di beberapa cabang yang diperlombakan, sehingga ditetapkan sebagai juara umum.

Sementara itu, dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H, Bupati Muhammad Amru menghadirkan dua ustadz asal Medan untuk mengisi tabligh dan zikir akbar di Kutapanjang. Pantauan Serambi, tabligh akbar bersamaan dengan wirit akbar yang diikuti kaum ibu anggota wirit dari 11 kecamatan, juga bersamaan dengan pawai penutupan MTQ ke-7 yang dipusatkan di Kutapanjang.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help