Perkuat Aqidah dan Bahasa Arab, Darul Ihsan Kembali Undang Syaikh Ayyub Aljazair

Selama di Kairo, Syaikh Ayyub Aljazair banyak mengenal mahasiswa Aceh. Dari mereka dia ditawar mengajar di Dayah Darul Ihsan.

Perkuat Aqidah dan Bahasa Arab, Darul Ihsan Kembali Undang Syaikh Ayyub Aljazair
IST
Santriwati Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, foto bersama usai wisuda. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Aceh Besar kembali mengundang Syaikh Ayyub Aljazair untuk datang ke dayah tersebut.

"Saya sangat senang bertemu langsung dengan para penuntut ilmu yang wajahnya bercahaya di Dayah Darul Ihsan," katanya saat di hadapan 1.300 santri dan para asaatidzah Darul Ihsan, Selasa (11/9/2018) malam.

Dalam pertemuan itu, Syaikh Ayyub Aljazair memperkenalkan dirinya kepada santri. Dia mengatakan bahwa dirinya berasal dari Aljazair.

Setelah lulus sekolah tahfidz dengan metode hafalan menulis dengan tinta, dia melanjutkan SMA, S1 dan S2 di Al Azhar, Kairo, Mesir.

Baca: Gerhana, Ilmu Falak, dan Aqidah Islamiyah

"Saya juga belajar talaqqi (menerima ilmu langsung melalui belajar tatap muka) dari beberapa masyaikh al Azhar, di antaranya adalah fadhilatu Syaikh Ali Gomaa," sebutnya.

Selama di Kairo, Syaikh Ayyub Aljazair menyatakan banyak mengenal mahasiswa asal Aceh.

Dari mereka dia diberitahu ada tawaran mengajar di Dayah Darul Ihsan.

"Alhamdullah wa insya Allah, saya di sini sampai tiga bulan ke depan," katanya kepada para santri.

Syaikh Ayyub dalam perkenalan perdananya juga memberi motivasi dan tausiah seputaran tahun Hijriyah. Para santri antusias menyambut syaikhul makhad baru dari luar negeri.

Baca: Indonesia Darurat Akidah

Diketahui dari mahasiswa asal Aceh di Kairo Syaikh Ayyub bermazhab Fikih Maliki, Aqidah Asya'irah, Tasawuf Al ghazali, ahli thariqat muktabrah dan juga ahli ilmu Kalam, Mantiq, ilmu alat, Ushul Fiqh dan sejumlah disiplin ilmu Islam lainnya.

Tgk H Khalid Mudatstsir Alumni Darul Ihsan yang juga sebagai penghubung mengatakan, di Mesir dalam sebulan Syaikh Ayyub pernah mengkhatamkan dua kitab dengan mahasiswa Aceh.

"Syaikh juga mengajar mahasiswa Aceh, pagi, siang, sore dan malam. Bisa dikatakan, beliau adalah guru rohani kebanyakan mahasiswa Aceh di Mesir." terang Khalid yang sedang bertugas temus haji (tenaga musiman) di Makkah al Mukarramah sebagaimana disampaikan salah satu pengajar di Dayah Darul Ihsan, Ustaz Mustafa Woyla. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved