KPK Periksa Tiyong

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa saksi terkait kasus dugaan rasuah Dana Otonomi Khusus Aceh

KPK Periksa Tiyong
IST
Samsul Bahri alias Tiyong 

* Sebagai Saksi Irwandi Yusuf

BANDA ACEH - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa saksi terkait kasus dugaan rasuah Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 yang menyeret Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, pada Rabu (12/9). Kali ini, KPK memeriksa Samsul Bahri alias Tiyong sebagai saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf.

Politisi PNA yang juga akrab dengan Irwandi ini dipanggil ke KPK berdasarkan surat panggilan Nomor Spgl/5121/DIK.01.00/23/09/2018. Tiyong dipanggil untuk menghadap penyidik KPK, Rilo Pambudi dan tim lainnya di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dalam surat itu dijelaskan, Tiyong diminta datang ke KPK untuk didengar keterangannya sebagai saksi dalam penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Irwandi Yusuf, Bupati nonaktif Bener Meriah, Ahmadi, Hendri Yuzal, dan T Syaiful Bahri. Surat panggilan tertanggal 6 September itu ditandatangani oleh Deputi Bidang Penindakan, Aris Budiman.

Informasi yang diperoleh Serambi kemarin, tepat pada pukul 10.00 WIB, Tiyong sudah berada di Gedung KPK. Dia membenarkan bahwa Tiyong diperiksa sebagai saksi. “Informasinya begitu dan dia juga sudah berada di Gedung KPK, sebentar lagi dipanggil,” ujar sumber Serambi.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah juga membenarkan pemeriksaan Tiyong di Gedung KPK kemarin. Namun, Febri tak menyebutkan adanya saksi-saksi lain yang diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang sama. Febri menjawab singkat pertanyaan Serambi melalui pesan WhatsApp. “Iya, tadi diperiksa sebagai saksi,” ujar Febri Diansyah.

Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus yang menggemparkan Aceh itu. Terakhir, pada Kamis 6 September, KPK memeriksa dua saksi, yaitu Johhnic Apriano, akrab dipanggil Nico selaku Staf Khusus Gubernur Aceh dan Farah Amalia dari pihak swasta. Keduanya juga diperiksa untuk tersangka Irwandi Yusuf.

Febri menjelaskan bahwa KPK memeriksa Nico untuk didalami pengetahuannya tentang pelaksanaan tugas Gubernur Aceh. Sedangkan saksi Farah Amalia diperiksa karena diduga sebagai teman dari saksi Steffy Burase, wanita asal Manado yang dekat dengan Irwandi.

Pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap saksi-saksi, termasuk Steffy, kata Febri, tentu saja ada kaitannya dengan pokok perkara dugaan korupsi yang sedang disidik saat ini. Sementara saksi Farah rumahnya telah digeledah KPK untuk menelusuri kepemilikan aset dan juga hubungan saksi dengan Steffy. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved