Tafakur

Melihat ke Dalam

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur

Melihat ke Dalam

Oleh: Jarjani Usman

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’” (QS. Ibrahim: 7).

Kita bukan hanya disuruh beribadah dan menjalankan kegiatan kehidupan lainnya, tetapi juga memikirkan kembali ibadah dan kehidupan yang telah dan sedang dilakukan. Soalnya, tak semua ibadah dan kehidupan yang dijalankan selalu terjaga keselarasannya dengan apa yang sepatutnya dilakukan oleh orang-orang mukmin. Makanya, perlu melihat ke dalam diri sendiri.

Bila mau melihat ke dalam, akan ditemukan pola kehidupan yang telah dijalankan selama ini dan hal-hal yang perlu diperbaiki agar hidup terasa nikmat. Misalnya, Allah telah menjanjikan bahwa jika kita bersyukur akan ditambah kenikmatan dalam hidup ini. Namun, sebahagian orang, walaupun sudah bersyukur, tetap tak menikmati hidup ini dengan baik. Ini tentunya ada yang kurang tepat dilakukan selama ini.

Di satu sisi memang telah bersyukur, tetapi di sisi lain belum mau membawa seluruh “pasukan” tubuh untuk menuju tujuan yang sama. Hanya mulut yang mengaku bersyukur, tetapi hati dan anggota tubuh yang lain sesungguhnya tidak. Dalam keadaan demikian, kebahagiaan hidup menjadi terkoyak-koyak, berganti dengan ketidaknikmatan. Hati terus diganggu dengan rasa dengki dan sejenisnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved