KIP Abdya Temukan Banyak DPT Ganda, Ini Jumlahnya

Pemilih tidak dikenal dalam DPT sebanyak 16 orang, pemilih meninggal dunia 56 orang, dan pemilih pindah domisili sebanyak 32 orang.

KIP Abdya Temukan Banyak DPT Ganda, Ini Jumlahnya
FOTO MEDIA CENTER KIP BANDA ACEH 
ILUSTRASI -- Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady didampingi para anggota memimpin rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP) di kantor KIP setempat, Kamis (13/9). 

Laporan Rahmat Saputra l Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) rapat pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan untuk Pileg dan Pilpres 2019, Kamis (14/9/2018) malam.

Dalam rapat pleno itu, ketua KIP Abdya, Sanusi SPd selaku pimpinan sidang didampingi tiga komisioner KIP Abdya menyampaikan bahwa ada 351 orang pemilih ganda dari 96.902 orang yang terdaftar dalam DPT Pileg 2019.

Dari sembilan kecamatan di Abdya, kecamatan yang paling banyak pemilih ganda adalah kecamatan Babahrot sebanyak 196 orang, Tangan-Tangan sebanyak 45 orang, Manggeng 36 orang, Blangpidie dan Kecamatan Jeumpa sebanyak 25 orang, Kuala Batee 19 orang, Setia 4 orang, Lembah Sabil 1 dan Kecamatan Susoh tidak ada pemilih ganda.

Baca: KIP Gayo Lues Tetapkan DPT Hasil Perbaikan, Jumlah Pemilih Berkurang Seribuan Lebih

Selain pemilih ganda, dalam pleno itu KIP Abdya juga menemukan pemilih tidak dikenal dalam DPT sebanyak 16 orang, pemilih meninggal dunia 56 orang, dan pemilih pindah domisili sebanyak 32 orang.

Kepala Divisi Program dan Data KIP Abdya, Martono kepada Serambinews.com, Jumat (14/9/2019) mengatakan meski ada pemilih ganda, namun jumlah DPT hasil perbaikan Pileg 2019 mengalami penambahan sebanyak 326 orang.

Baca: KIP Tetapkan DPT Aceh Tenggara 148.594 Orang

Penambahan itu, tambahnya, terjadi pasca adanya penambahan pemilih non KTP elektronik yang sudah memiliki KTP elektronik, dan pemilih yang tidak memenuhi syarat yang tidak terdaftar dalam DPS, DPSHP dan DPT.

"Jumlah pemilih bertambah pasca ada KTP-el sebanyak 114 orang, dan penambahan dari pemilih yang tidak memenuhi syarat atau MS yang tidak terdaftar pada sebelumnya sebanyak 621 orang," terangnya.

Jadi, sambungya, jumlah DPT Pileg 2019 hasil perbaikan sebanyak 97.228 orang. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved