Tafakur

Menghilangkan Jejak

Banyak orang berusaha menghilangkan jejak-jejak kejahatannya, termasuk orang-orang yang katanya mengabdi

Menghilangkan Jejak
Tafakur

Oleh: Jarjani Usman

“Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya ia akan melihat/memperoleh (balasan)nya” (QS. Az Zalzalah: 8).

Banyak orang berusaha menghilangkan jejak-jejak kejahatannya, termasuk orang-orang yang katanya mengabdi untuk upaya mencegah kejahatan orang lain. Misalnya, para koruptor berusaha melakukan pencucian uang, seperti dengan dijadikan sebagai modal usaha. Ada juga yang menghabiskan uang hingga milyaran untuk menghilangkan jejak kejahatannya dengan cara menyuap orang-orang yang mengadilinya agar dirinya diputuskan tidak bersalah. Namun demikian, tentunya bekas-bekas kejahatan tak akan pernah hilang.

Allah berjanji akan memperlihatkan dan membalas setiap perbuatan hamba-hambaNya, termasuk kejahatan yang sudah dihilangkan atau dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Allah berjanji akan mengadili seadil-adilnya di akhirat kelak. Juga termasuk harta haram yang sudah bercampur baur dengan harta halal dan sudah mengalir entah kemana atau keturunan ke berapa, yang menurut kita manusia sudah demikian rumit dan bahkan tak mungkin lagi untuk dipilah.

Sebenarnya, kalau istiqamah mengikuti petunjuk hidup yang diberikan Allah, tak perlu bersusah payah untuk menghilangkan jejak. Malah jejak-jejak kehidupan orang-orang yang istiqamah dalam ketakwaan akan ditelusuri untuk dijadikan model kehidupan generasi selanjutnya. Akan dicatat jejak-jejak orang-orang yang beruntung dunia dan akhirat tersebut dalam berusaha bersabar dan mempertahankan diri dari godaan untuk berbuat jahat.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved