Pemerintah Aceh Akan Sesuaikan Dana Penanggulangan Bencana

Sebagai daerah rawan bencana, anggaran untuk penanggulangan bencana harusmemadai agar kerugian lebih besar bisa dihindari

Pemerintah Aceh Akan Sesuaikan Dana Penanggulangan Bencana
NOVA IRIANSYAH,

BANDA ACEH - Sebagai daerah rawan bencana, anggaran untuk penanggulangan bencana harusmemadai agar kerugian lebih besar bisa dihindari. Pemerintah Aceh siap mendukung dan akan menyesuaikan besaran dana untuk penanggulangan bencana.

Penegasan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kepada wartawan seusai melantik Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Aceh di Aula Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Kamis (13/9).

“Saya akan menyesuaikan kebutuhan dana penanggulangan bencana, terkait kelengkapan sarana prasarana termasuk software untuk mendukung kerja TRC-PB Aceh. Untuk peningkatan SDM dan membangun jaringan, kita akan menjalin komunikasi dengan tim sejenis di daerah lain agar terbangun jaringan yang lebih luas, baik secara nasional maupun internasional,” ujar Nova.

Sementara itu, dalam sambutannya ketika mengukuhkan TRC-PB Aceh, Nova Iriansyah menegaskan, sistem kerja TRC-PB Aceh akan terus dikaji, diperdalam dan diperluas. Nova juga menekankan agar tim ini solid, sehingga menghasilkan kerja sama yang baik.

“Sesuai namanya, maka koordinasi tim ini harus cepat, tepat, akurat, cermat serta terbangun komunikasi efektif dalam menjalankan setiap langkah yang dibutuhkan. Hal ini perlu kami ingatkan, sebab saat bencana terjadi, situasinya tentu serba darurat. Oleh sebab itu kita butuh orang-orang dengan pengetahuan khusus untuk memperkuat tim ini,” lanjut Plt Gubernur Aceh.

BPBA-Dinsos-Basarnas
TRC-PB Aceh ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Aceh Nomor 360/758/2018 Tanggal 10 Juli 2018 diteken oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Komposisi tim itu sendiri terdiri atas Tim Pembina, Tim Pengarah, Tim Pelaksana, Tim Sekretariat, dan Tim Penghubung.

Di jajaran Tim Pelaksana, posisi ketua dijabat oleh Kalak BPBA bersama Kadis Sosial Aceh dan Kakan SAR Banda Aceh masing-masing sebagai Wakil Ketua I dan II. Sedangkan Sekretaris BPBA sebagai Sekretaris dibantu Sekretaris Dinas Sosial Aceh sebagai Wakil Sekretaris.

“Insya Allah, keberadaan tim ini akan membantu program-program penanggulangan bencana di Aceh, sehingga langkah kita untuk meminimalisir kerugian bisa kita lakukan dengan cara yang cepat dan tepat. Ingat, kinerja saudara akan sangat menentukan langkah kita dalam memberi perlindungan bagi masyarakat dari segala ancaman bencana,” demikian Plt Gubernur Aceh. (nas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help