Rp 25 M Dana PID Se-Aceh Cair

Dana Program Inovasi Desa (PID) Rp 25 miliar untuk 23 kabupaten/kota di Aceh bakal cair

Rp 25 M Dana PID Se-Aceh Cair
SERAMBI/HERIANTO
Kadis Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh, Drs Bukhari MM, didampingi Satker Dana Desa T Zul Husni menandatangani perjanjian kerja sama penyaluran dana program inovasi desa 2018 kepada 23 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten/Kota di Hotel Grand Nangroe, Banda Aceh, Jumat (14/9).SERAMBI/HERIANTO 

* Untuk Pameran Tingkat Kecamatan dan Kabupaten/Kota

BANDA ACEH - Dana Program Inovasi Desa (PID) Rp 25 miliar untuk 23 kabupaten/kota di Aceh bakal cair, menyusul sudah ditandatanganinya kerja sama (MoU) pencairan dana itu sejumlah tersebut oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Drs Bukhari MM dengan 23 Kepala DPMG kabupaten/kota se-Aceh di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Jumat (14/9).

“Dana PID Rp 25 miliar itu di luar pagu dana desa Rp 4,4 triliun yang diberikan Kementerian Desa untuk 6.497 desa se-Aceh tahun ini,” kata Kepala DPMG Aceh, Bukhari kepada Serambi seusai membuka Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Jumat (14/9)

Didampingi Kasatker Dana Desa, T Zul Husni, Bukhari menjelaskan pemerintah pusat menyediakan dana ini agar pihak kecamatan dan kabupaten/kota setiap tahun memublikasi hasil pembangunan desa yang bersifat inovasi baru kepada publik melalui pameran PID tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten/kota. Juara PID terbaik tingkat kecamatan diikutkan lagi dalam pameran PID tingkat kabupaten/kota.

“Yang dipamerkan itu cara-cara membangun dan melaksanakan program proyek di desa dan kegiatan pembangunan desa dengan sistem dan tehnik yang terbaru, sehingga temuan inovasi baru itu bisa memotivasi atau menjadi penyemangat baru, baik kepada masyarakat desa yang telah menemukan inovasi baru tersebut maupun kepada masyarakat desa yang belum agar mereka bisa mencoba atau mencontohnya. Untuk pendanaan pameran ini di tingkat kecamatan, maka pihak kecamatan bisa mengusulkan dana ini kepada Pemkab/Pemko terkait,” jelas Bukhari.

Bukhari pun menyebutkan Aceh Utara merupakan kabupaten penerima dana PID terbesar, yaitu Rp 3 miliar lebih karena kecamatan di kabupaten ini terbanyak, yaitu 27 kecamatan. (Baca penerima dana PID)

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), Zul Husni, mengatakan sosialisasi yang mereka laksanakan kemarin antara lain untuk memperkenalkan keberadaan P2KTD kepada stokeholders, khusus bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, serta pembangunan infrastruktur. Selain itu, juga untuk menjelaskan pentingnya P2KTD dalam pelaksanaan UU Desa serta mempersiapkan penyusunan profil P2KTD dalam mendukung PID. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, untuk menghasilkan suatu kesepakatan bersama mengenai pelaksanaan program inovasi desa serta rencana kerja tindak lanjut (RKTL) di masing-masing tim inovasi kabupaten/kota. (her)

penerima dana PID
* Aceh Utara Rp 3 miliar * Pidie Rp 2,537 miliar * Aceh Besar Rp 2,279 miliar * Aceh Timur Rp 2,070 miliar * Bireuen Rp 2,058 miliar * Kelima kabupaten itu penerima dana PID terbanyak karena banyak kecamatan * Kota Banda Aceh yang hanya sembilan kecamatan Rp 497,5 juta * Sabang yang hanya dua kecamatan Rp 105 juta

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved