RSUZA Layak Disurvei Final JCI

Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh dinyatakan layak untuk disurvei final pada tahun 2019

RSUZA Layak Disurvei Final JCI
RSUZA 

BANDA ACEH - Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh dinyatakan layak untuk disurvei final pada tahun 2019 oleh lembaga independen akreditasi rumah sakit dunia, Joint Commission International (JCI). Hal itu termuat dalam rekomendasi tim konsultan setebal 160 halaman yang merupakan hasil penilaian awal (mock survey) di RS tersebut pada 3-11 September 2018.

Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS kepada Serambi, Kamis (13/9), mengatakan, RS itu dinyatakan layak disurvei final oleh JCI dengan catatan harus memenuhi rekomendasi perbaikan. “Saya merasa kami punya peluang untuk bisa meraih akreditasi internasional dari JCI. Meski ada hal yang harus dibenahi, kami menargetkan pada Oktober 2019, bisa disurvei final,” ujarnya.

Menurut Azharuddin, rekomendasi perbaikan dari JCI itu berisikan standar keselamatan pasien dunia yang diatur dalam International Patient Safety Goals (IPSG). Ada enam tujuan IPSG yakni, mengidentifikasi pasien dengan benar, meningkatkan komunikasi yang efektif, meningkatkan keamanan obat dengan tingkat kewaspadaan tinggi, memastikan operasi berjalan aman, mengurangi risiko infeksi terkait perawatan, dan mengurangi risiko cedera pasien akibat jatuh.

“Bagi saya, kita harus disiplin, konsisten, dan komitmen dalam bekerja. Jadi, tidak lagi membenarkan yang biasa dilakukan, tapi harus membiasakan yang benar,” ulas Azharuddin. Dia pun berharap, perbaikan di internal rumah sakit itu dapat rampung sebelum survei final, karena tim yang akan datang bakal lebih keras dan ketat.

Sebelumnya, lanjut Azharuddin, Dr Shakil selaku Konsultan JCI yang melakukan mock survey di RSUZA berpesan agar terus meningkatkan kualitas berdasarkan rekomendasi JCI. “Beliau katakan, jangan hanya puas dengan menempel sertifikat JCI di dinding rumah sakit, tapi yang terpenting terus meningkatkan kualitas RS,” pesannya.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved