Tebing Krueng Susoh Runtuh belum Ditangani, Ini Dampak Dirasakan Petani Padang Baru Susoh, Abdya

“Kami sangat mengharapkan pemerintah segera membangun tanggul pengaman tebing di lokasi yang sudah runtuh,”

Tebing Krueng Susoh Runtuh belum Ditangani, Ini Dampak Dirasakan Petani Padang Baru Susoh, Abdya
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Areal sawah milik KT Padang Subur, Desa Padang Baru, Susoh, Abdya, sering terendam banjir luapan. Peristiwa meresahkan itu karena tebing sungai (krueng Susoh) yang runtuh diterjang banjir akhir Desember 2017 lalu belum ditangani sehingga ketika air sungai meluap naik ke areal sawah melalui titik tebing yang telah ambruk ambruk. Foto direkam di lokasi, Minggu (16/9/2018). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Tanaman padi milik anggota KT Padang Subur, Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, sering terendam banjir luapan Krueng (Sungai) Susoh.

Peristiwa meresahkan itu terjadi akibat tebing sungai yang runtuh dalam peristiwa banjir, 25 Desembner 2017, belum ditangani.

Air sungai sering meluap di titik lokasi tebing yang ambruk, kemudian merendam tanaman padi yang baru ditanam sehingga petani mengalami kerugian.

Baca: Jamaah Haji Abdya Tergabung Kloter 9 Menuju Madinah, Dua Orang Menunggu Masa Penyembuhan    

Pengurus KT Padang Pisang Klat, Safrizal kepada Serambinews.com, Minggu (16/9/2018) menjelaskan seperti peristiwa banjir luapan di lokasi, Sabtu malam lalu, menyeret sisa potongan kayu dan sampah, lalu menutup areal tanaman padi dalam peristiwa banjir Sabu malam, pekan lalu.

Banjir yang naik di okasi tebing yang ambruk menyeret padi yang baru ditanam.

Tingginya frekuensi hujan beberapa hari belakangan membuat sejumlah petani tidak tenang. Mereka khawatir padi yang baru ditanam akan disapu banjir luapan.

“Kami sangat mengharapkan pemerintah segera membangun tanggul pengaman tebing di lokasi yang sudah runtuh,” kata Karim, salah seorang petani dari Beuah, Desa Pawoh.

Baca: Alokasi Ditambah 400 Ton, Kebutuhan Pupuk Bersubsidi di Abdya belum Mencukupi

Safrizal dan Karim menjelaskan perpindahan arus Krueng Susoh (Krueng Beukah) dari kawasan Desa Cot Jirat, Blangpidie ke sisi areal persawahan Desa Padang Baru, Susoh sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Puncaknya, dalam peristiwa banjir 25 Desember 2017 lalu.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved