Hezbollah Klaim Punya Rudal Akurat, Tantang Israel Bila Serang Lebanon

Pernyataan itu disampaikan Pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah dalam pidato yang disiarkan televisi saat peringatan Ashura

Hezbollah Klaim Punya Rudal Akurat, Tantang Israel Bila Serang Lebanon
Pasukan Hezbollah Lebanon berparade sambil membawa misil Fajr 5 di kota Nabatiyeh, wilayah selatan Lebanon. Mereka siap menyerang Israel bila terjadi perang dengan Iran (AFP/MAHMOUD ZAYYAT) 

SERAMBINEWS.COM - Kelompok Hezbollah mengklaim mempunyai rudal dengan akurasi tinggi di tengah upaya Israel untuk membendung mereka.

Pernyataan itu disampaikan Pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah dalam pidato yang disiarkan televisi saat peringatan Ashura.

Dilaporkan AFP Kamis (20/9/2018), Israel menyatakan dalam 18 bulan terakhir mereka telah melancarkan lebih dari 200 serangan udara ke Suriah.

Baca: Ternyata Begini Cara Hezbollah Selundupkan Senjata Dari Iran

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah
Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah ((Foto:Reuters))

Operasi udara terakhir terjadi Senin (18/9/2018) di mana empat jet tempur F-16 Israel menyasar Provinsi Latakia yang dituding hendak mengirim senjata ke Hezbollah.

Serangan itu membuat sistem pertahanan udara Suriah bereaksi.

Namun, rudal Damaskus malah menghantam pesawat intai Rusia Ilyishin Il-20, dan menewaskan 15 personel militer.

Baca: Gudang Senjata Brigade Abu al-Fadl Berhasil Diledakkan, Pasukan Iran Siap Hadapi Gempuran AS-Israel

Kesalahan tembak itu merupakan insiden terburuk sejak Negeri "Beruang Merah" itu membantu sekutunya Suriah memadamkan konflik di 2015.

Serangan Israel tersebut dilancarkan untuk mencegah Hezbollah maupun rival Israel di Timur Tengah, Iran, mendapat senjata canggih di Suriah.

Militer Israel yakin, kelompok yang berbasis di Lebanon itu mempunyai 100,000-120.000 rudal jarak pendek, dan sejumlah rudal jarak jauh.

Baca: Bermaksud Hancurkan Hizbullah, Pasukan Elit Israel Malah Disergap Duluan dan Dihajar Habis-habisan

"Usaha di Suriah untuk mencegah kami mendapat kemampuan rudal terbaru telah gagal. Jika Israel menyerang Lebanon, maka mereka bakal menemui nasib kurang baik," kata Nasrallah.

Pemimpin berumur 58 tahun itu berujar, dia menuduh Israel berusaha membunuhnya siang dan malam, yang membuatnya harus bersembunyi selama bertahun-tahun.

Lebih lanjut, Nasrallah memberikan dukungannya kepada Iran setelah Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir Mei lalu.

Baca: Amerika Serikat Beri Imbalan 12 Juta Dollar Bagi Siapa Saja yang Temukan 2 Petinggi Hizbullah

Operasi Tentara Suriah dan milis Hizbullah, Jumat (30/10/2015).
Operasi Tentara Suriah dan milis Hizbullah, Jumat (30/10/2015). (FARSNEWS.COM)

Washington bersiap untuk memberikan sanksi kepada Iran pada November mendatang dengan menyasar sektor minyak yang merupakan titik vital.

"Adalah tugas kami saat ini untuk berdiri bersama Iran, yang dalam beberapa pekan ke depan bakal menghadapi masa genting, sanksi AS," kata Nasrallah.(*)

Baca: Hizbullah; Balas dendam kami bukan untuk diplomat Israel

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Tantang Israel, Hezbollah Sebut Punya Rudal Akurat

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved