Tafakur

Persaudaraan dalam Perbedaan

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-namaNya, kamu saling meminta

Persaudaraan dalam Perbedaan

Oleh: Jarjani Usman

“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-namaNya, kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu” (QS. An Nisa’: 1).

Nilai-nilai Islam sering diabaikan saat pemilihan umum. Keinginan sebahagian orang terhadap kekuasaan telah menggiring banyak orang untuk saling membenci dan memutuskan tali persaudaraan. Padahal umumnya kita membaca pesan-pesan dalam kitabullah, terutama tentang kewajiban menjaga persaudaraan dan haram memutuskannya.

Putusnya tali persaudaraan membuat kebahagiaan hidup berkurang dan bahkan musnah. Ruang gerak menjadi menyempit. Rezeki pun semakin sedikit, karena umumnya rezeki diperoleh melalui jalinan hubungan silaturrahmi dengan sesama. Semakin kuat dan luas jalinan silaturrahmi, semakin mudah mencari rezeki. Allah menitipkan rezeki pada orang yang berbeda-beda, sehingga akan tercipta upaya untuk saling bertanya dan berbagi, serta mewujudkan hubungan yang baik dengan sesama insan.

Karena itu, berbeda aspirasi dalam pemilihan umum sepatunya tidak dijadikan alasan untuk mengabaikan ajaran Islam. Pemilihan umum sepatutnya dijadikan sebagai ujian untuk menguji kualitas kemampuan kita dalam menjaga nilai-nilai agung dalam ajaran Islam. Islam menghendaki persatuan dan persaudaraan, walaupun adanya perbedaan keinginan.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved