Pagelaran Adat dan Budaya Pase Berakhir

Pagelaran Adat dan Budaya Pase yang diadakan Pemkab Aceh Utara dalam rangka hari jadi Ke-792 Aceh Utara di Landing

Pagelaran Adat dan Budaya Pase Berakhir
BUPATI Aceh Utara H Muhammad Thaib menabuh rapai dalam acara pagelaran adat dan budaya pase di Landing Kecamatan Lhoksukon, Kamis (20/9). IST 

LHOKSUKON - Pagelaran Adat dan Budaya Pase yang diadakan Pemkab Aceh Utara dalam rangka hari jadi Ke-792 Aceh Utara di Landing, Kecamatan Lhoksukon, Kamis (20/9), resmi ditutup Bupati Aceh Utara diwakili Sekda Abdul Aziz MH. Pagelaran yang berlangsung selama tiga hari dua malam mulai 18-20 September itu, adalah perdana kali diadakan Pemkab Aceh Utara.

Jenis kegiatan yang diadakan dalam pagelaran tersebut, di antaranya pementasan sendratari Alue Tunjang, Meutuleh lagee, Tari Peuratep Aneuk, dan Rapai Uroh. Lalu Rapai Geleng, Lawak Aceh, performa Ibrahim PMToh, serta Tari Seumurui Pade.

“Alhamdulillah, kegiatan tersebut berlangsung sukses dan sangat menggembirakan. Karena selama kegiatan berlangsung, masyarakat tumpah ruah menikmati adat dan budaya Pase yang dikemas dalam hiburan rakyat,” ujar Abdul Aziz.

Menurut Sekda, sejarah mencatat, Aceh Utara sudah menjadi pusat kejayaan dan kebesaran Kerajaan Malikussaleh. Karena itu, pihaknya berharap warisan kejayaan Malikussaleh ini mampu meningkatkan semangat dan daya juang masyarakat dalam membangun Aceh Utara menjadi wilayah yang disegani. “Mari kita terus berusaha keras menjadikan Aceh Utara sebagai kebanggaan masyarakat Pase,” ajak Sekda.

Ditambahkan dia, Aceh Utara dulu adalah daerah yang sangat besar, luas, dan superior. Tapi, kini telah menjelma menjadi kabupaten yang masih dalam estafet pencarian kembali identitas dan jati dirinya setelah melahirkan dua daerah baru, yakni Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bireuen. “Dalam konteks pencarian kembali identitas diri inilah maka peringatan hari jadi ke-792 ini menjadi sangat bermakna,” pungkas Sekda.

Sementara itu, Humas Pemkab Aceh Utara, T Nadirsyah kepada Serambi, kemarin, menyebutkan, kegiatan itu berlangsung sangat meriah mulai dari awal hingga penutupan. “Ini kegiatan perdana. Ke depan kegiatan serupa akan diadakan lagi dengan lebih meriah dalam rangka memperingati hari jadi Aceh Utara,” ujar Kabag Humas Pemkab Aceh Utara.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved