Pelayanan e-KTP Terganggu

Pelayanan pembuatan KTP elektronik atau e-KTP terganggu di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara (Agara)

Pelayanan e-KTP Terganggu
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NAZAR
Warga antre untuk merekam E-KTP di Disdukcapil Pidie, Rabu (21/02/2018). 

* SIAK Terserang Virus

KUTACANE - Pelayanan pembuatan KTP elektronik atau e-KTP terganggu di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara (Agara). Proses lainnya, pembuatan kartu keluarga (KK) dan akte kalahiran juga mengalami hambatan seusai Server sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) terserang virus.

Kadisdukcapil Agara, Julkarnain SE, Kamis (20/9) mengatakan kerusakan SIAK sejak Rabu (19/9) dan saat ini sedang diperbaiki. Dia memperkirakan, proses perbaikan server akan segera selesai, sehingga pelayanan kembali normal pada, Jumat (21/9.

Dia menyatakan ekses terserang virus, SIAK tidak berfungsi dengan normal, sehingga data tidak terkirim ke server pusat di Jakarta. “Kami minta maaf kepada masyarakat akibat kerusakan ini, sehingga pelayanan terganggu,” ujar Kadisdukcapil Agara,” Julkarnain SE.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara (Agara) meminta warga untuk mengurus sendiri berbagai keperluan administrasi kependudukan. Apalagi, pelayanan dipermudah, karena proses selesainya administrasi tidak perlu menunggu lama ditambah tidak ada biaya atau gratis.

Hal itu untuk mempermudah masyarakat mengurus akte kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), serta berbagai keperluan lainnya. Kadisdukcapil Agara, Julkarnain SE yang baru empat hari menjabat pada Selasa (4/9) mengatakan pelayanan akan terus ditingkatkan, sehingga sesuai dengan harapan masyarakat.

Disebutkan, untuk pengurusan KK, akte kelahiran dan e-KTP dapat cepat selesai, jika persyaratan lengkap.

Dia menegaskan warga dapat langsung datang sendiri dan tidak perlu pakai calo, karena petugas siap melayani masyarakat dengan baik. “Insya Allah, kalau seluruh persyaratan lengkap, maka bisa disiapkan saat itu juga,” katanya.

Tetapi, khusus pencetakan e-KTP, tergantung dari jaringan internet, jika lancar, maka dapat langsung diproses, sebaliknya, jika internet putus, maka harus menunggu. “Gangguan pencetakan e-KTP online pada jaringan internet sering tidak stabil, sehingga warga harus antre, tetapi tidak lama,” ujarnya.

Dia menjelaskan hanya proses e-KTP yang tergantung dari jaringan internet, sedangkan lainnya tidak. “Kalaupun ada gangguan, itu langsung dari Jakarta dan kita hanya menunggu sampai jaringan stabil,” kata Julkarnain.

Dia menegaskan dalam pengurusan administrasi, baik itu pembuatan KK baru, pisah KK, akte kelahiran, e-KTP dan lainnya tidak ada pungutan. Julkarnain menegaskan pihaknya telah mencantumkan larangan praket pungli di lingkungan kantornya, sesuai dengan vivi dan misi bupati/wakil bupati yang mencanangkan pemerintahan yang bersih.

“Insya Allah, kita di Disdukcapil Agara ciptakan pelayanan yang bersih , mudah dan memuaskan serta tanpa calo,” tandas Kadisdukcapil Agara, Julkarnain.(as)

data kependudukan
* Server terserang virus
* Data tidak bisa diakses
* Proses kependudukan terganggu
* KK, akte kelahiran dan e-KTP
* Server sedang diperbaiki
* Akhir pekan ini berfungsi lagi

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved