Pengurusan Adminduk Membludak

Ratusan warga memadati kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen untuk pengurusan administrasi

Pengurusan Adminduk Membludak
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NAZAR
Warga antre untuk merekam E-KTP di Disdukcapil Pidie, Rabu (21/02/2018). 

* Untuk Persiapan Daftar CPNS

BIREUEN - Ratusan warga memadati kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen untuk pengurusan administrasi kependudukan (adminduk), mulai dari rekam dan cetak KTP, perbaikan kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian. Membludaknya warga mengurus adminduk itu sudah terjadi sejak dua minggu lalu, ditengarai seiring diumumkannya penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambi, Jumat (21/9), selain pengurusan akte kelahiran, banyak juga warga yang memperbaiki kartu keluarga, dan keperluan lainnya, termasuk rekam dan cetak KTP elektronik. Plt Kadisdukcapil Bireuen, Syahniar SSos membenarkan, bahwa umumnya warga mengurus perbaikan kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian. Namun, sebut dia, banyak juga masyarakat yang melakukan perekaman atau menunggu pencetakan KTP elektronik, mengingat peralatan rekam KTP elektronik di sembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen, kondisinya saat ini sedang rusak.

“Untuk menghindari padatnya antrian, di dinding kantor telah kita tempel pengumuman dan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan perekaman KTP elektronik di kecamatan yang peralatannya masih berfungsi. Contohnya di wilayah timur Bireuen, seperti di Kecamatan Peusangan, Peusangan Siblah Krueng, Peusangan Selatan, Jangka, Kutablang, Makmur, dan Gandapura, yang alat rekamnya masih bagus,” ungkap dia.

“Sedangkan, di kecamatan yang masuk wilayah barat Bireuen mulai dari Samalanga hingga Peudada, alat perekam KTP elektronik mereka memang sedang rusak, kecuali di Kecamatan Simpang Mamplam,” ulas Syahniar.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved