“Stok Banyak, Konsumen Antre”

UNTUK mencari tahu penyebab kelangkaan premium dan bi solar di sejumlah wilayah Aceh akhir-akhir ini, Wakil Ketua DPRA

“Stok Banyak, Konsumen Antre”
Kendaraan antrean untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium, di SPBU Luengbata, Banda Aceh, Senin (11/6) sore. SERAMBI/BUDI FATRIA 

UNTUK mencari tahu penyebab kelangkaan premium dan bi solar di sejumlah wilayah Aceh akhir-akhir ini, Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda melakukan penelusuran hingga ke Depo Pertamina di Krueng Raya, Aceh Besar.

Pengakuan dari Kepala Depo Pertamina Krueng Raya, Suwarno kepada Sulaiman Abda bahwa stok premium dan solar di Depo Pertamina Krueng Raya, Aceh Besar, masih banyak. Data hingga Jumat (21/9), premium ada sekitar 2.700 kiloliter lagi dan solar 518 kiloliter.

Menanggapi pengakuan itu, Sulaiman Abda mempertanyakan, “kalau stoknya banyak kenapa kedua jenis bahan bakar bersubsidi itu sering habis di SPBU dan konsumen antre.”

Kepada Pimpinan DPRA tersebut, Suwarno mengakui belakangan ini ada kenaikan permintaan premium dan bio solar sekitar 3-5 persen dari penyalurannya 200-300 kiloliter/hari.

Wilayah penyaluran Depo BBM Pertamina Krueng Raya untuk untuk wilayah timur sampai Pidie dan Beureunuen sedangkan wilayah barat sampai Lamno, Aceh Jaya.

Penyaluran premium dan bio solar, disesuaikan dengan order yang diberikan bagian penjualan Pertamina di Kota Banda Aceh. “Stok premium dan bio solar sering habis di SPBU tidak ada kaitannya dengan stok BBM di Depo BBM Pertamina Krueng Raya. Stok BBM di Depo selalu tersedia,” kata Suwarno kepada Sulaiman Abda.

Suwarno menyarankan agar penjualan BBM jenis bio solar dan premium yang masih disubsidi tepat sasaran, antara lian untuk kebutuhan angkutan umum dan pengisian di SPBU perlu diawasi secara ketat.

Truk-truk besar milik perusahaan besar, seharusnya tidak lagi mengisi BBM bio solar tapi dexlite. Sedangkan mobil pribadi, lebih baik gunakan pertalite dan pertamax, bukan premium. Berikan BBM premium kepada angkutan kota dan sejenisnya. “Peran aparat keamanan sangat diharapkan untuk mengawasinya,” ujar Suwarno sebagaimana disampaikannya kepada Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda.(*/her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help