Taiwan Bersedia Berbagi Kuota Haji dengan Indonesia

Ia memaparkan bahwa Taiwan juga memiliki populasi Muslim, tetapi kebutuhan kuota haji di Taiwan tidak terlalu signifikan seperti di Indonesia.

Taiwan Bersedia Berbagi Kuota Haji dengan Indonesia
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
Pesawat jamaah haji saat di Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar. 

SERAMBINEWS.COM - Warga Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji kini bisa menggunakan kuota haji milik Taiwan.

Hal itu diungkapkan oleh Jack Chen-Huan Hsiao selaku Direktur Divisi Ekonomi Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta.

Baca: Sambut Hari Asyura, Aluswah Pidie Santuni Puluhan Anak Yatim

Ia memaparkan bahwa Taiwan juga memiliki populasi Muslim, tetapi kebutuhan kuota haji di Taiwan tidak terlalu signifikan seperti di Indonesia.

“Di Indonesia, Anda mungkin butuh waktu 2-3 tahun untuk berangkat. Sementara di Taiwan, kami juga memiliki banyak populasi Muslim, tapi kami tidak memiliki kebutuhan mendesak terhadap hal tersebut, jadi Anda bisa menggunakan kuota kami untuk mendaftar Haji melalui Taiwan,” papar Jack Chen pada media, saat MEET Taiwan Networking Event yang di Hotel Borobudur Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal tersebut, menurutnya, merupakan bagian dari upaya Taiwan untuk menyediakan lingkungan yang ramah bagi kaum muslim guna mendorong peningkatan jumlah wisatawan dari negara berlatarbelakang Muslim.

Baca: Luar Biasa, Siswi SMK Simpang Jernih Rebut Medali Emas Renang O2SN Tingkat Nasional

"Jadi nanti wisatawan bisa stay dulu satu sampai dua malam di Taiwan untuk mengurus dokumen akhir dan persiapan sebelum berangkat ke sana. Di sela itu juga Anda bisa berwisata dahulu di Taiwan," tuturnya.

Perihal maskapai menurutnya banyak maskapai tujuan Timur Tengah yang bisa transit ke Taiwan, terlebih untuk urusan haji.

Baca: Pemuda Minta Jalan ke Kota Baharu Aceh Singkil Diaspal

Menurutnya beberapa maskapai yang sudah menyanggupi seperti EVA AIr, China Airlines, bahkan Garuda Indonesia.

"Bukan perkara sulit untuk maskapai, terlebih dalam hal charter flight haji. Bisa juga menggunakan Garuda Indonesia ke Taiwan atau EVA, China Air, dan setelah transit disambung maskapai-maskapai ke Timur Tengah, dalam satu paket," pungkasnya.

Tawaran kemudahan tersebut akan mulai aktif di musim haji tahun depan. Ia mengatakan untuk pengurusan berkas dan persyaratan secara teknis akan dibantu Kedutaan Besar Taiwan di Jakarta.

Jessie Tseng selaku Direktur Eksekutif MEET Taiwan menyampaikan bahwa jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan pada tahun 2017 lalu telah mencapai 190,000 wisatawan.

"Destinasi tertinggi masih tetap Taipei, hingga masuk ke 15 besar kota paling banyak dikunjungi wisatawan dunia," tuturnya dalam pembukaan Meet Taiwan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Taiwan Bersedia Berbagi Kuota Haji dengan Indonesia

Editor: Fajar Anjungroso

Editor: Fatimah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help