Tafakur

Mengedepankan Ukhuwah

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia)

Mengedepankan Ukhuwah

Oleh: Jarjani Usman

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar” (QS. Al-Nisa’: 114).

Beragam orang, beragam pula pikirannya. Keragaman ini berpeluang menimbulkan konflik ketika berinteraksi dengan sesama. Adanya peluang terjadinya konflik mengharuskan kita untuk menyadari bahwa konflik adalah bagian dari kehidupan di dunia ini, sehingga perlu disiapkan berbagai strategi untuk menghadapinya. Alquran sebagai petunjuk hidup telah memberikan sejumlah petunjuk untuk mengelola konflik.

Di antaranya dengan mengedepankan persaudaraan (ukhuwah) dalam menyelesaikan konflik. Dengan cara ini, kita bisa melihat orang lain sebagai bagian tak terpisahkan dari diri kita sendiri. Ada kepentingan diri kita yang lebih besar yang terganggu akibat pertengkaran yang terjadi di antara saudara-saudara. Di antaranya, bila pertengkaran tak berkesudahan, kekuatan umat menjadi lemah dan kemajuan bersama menjadi terhambat.

Lemahnya umat dan terhambatnya kemajuan negeri adalah keadaan tak diharapkan yang harus ditanggung bersama. Karena itu, sepatutnya kita mengikuti petunjuk Allah agar mendamaikan orang-orang yang berkonflik, bukan menambah parah konflik.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved