USAID Lanjutkan Konservasi Leuser, Ulu Masen Juga Butuh Perhatian

Beberapa daerah yang sangat dominan konfliknya berada di luar kawasan Leuser, yaitu Aceh Timur, Pidie, dan Aceh Jaya.

USAID Lanjutkan Konservasi Leuser, Ulu Masen Juga Butuh Perhatian
Net
Mission Director of USAID untuk Indonesia, Erin Elizabeth McKee. 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Amerika Serikat melalui USAID akan terus melanjutkan sejumlah programnya di Aceh, salah satunya untuk konservasi di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Sejumlah kegiatan konservasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar Leuser sudah dijalankan di sejumlah kabupaten.

Hal itu disampaikan oleh Mission Director of USAID untuk Indonesia, Erin Elizabeth McKee saat menggelar pertemuan dengan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Senin (24/9) di rumah Wagub, Banda Aceh.

Langkah ini juga didukung oleh Pemerintah Aceh, yang menyatakan siap mendukung program USAID. Sementara pihak BKSDA Aceh berharap program konservasi tidak hanya terfokus di Leuser. Karena masih ada kawasan lain, seperti Ulu Masen yang dihuni banyak satwa gajah yang membutuh perhatian.

Erin Mckee mengatakan, dalam pertemuan itu  mereka ingin memfokuskan pembicaraan dengan Pemerintah Aceh terkait konservasi lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar Gunung Leuser, yang akan dijalankan oleh USAID Lestari.

Baca: Program USAID Prioritas Ditutup

Tujuan dari konservasi yang dilakukan yaitu untuk melindungi sejumlah spesies satwa yang mendiami hutan Leuser. Serta membantu melindungi masyarakat dengan menjaga mata pencaharian dan memberdayakan ekonominya, dengan juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam upaya konservasi.

Sehingga Erin McKee menilai, kolaborasi bersama antara USAID dan Pemerintah Aceh akan sangat penting dalam menyukseskan konservasi Leuser.

“Kami ingin melindungi masyarakat dan mata pencahariannya, dengan tetap menjaga konservasi. Jadi kami ingin masyarakat tetap produktif dan sumber pencarian tidak terancam,” ujarnya.

Ia menilai banyak sumber daya alam dan satwa yang dapat dilestarikan di kawasan Leuser. Sehingga USAID ingin menciptakan sebuah model untuk meningkatkan pengelolaan Leuser yang lebih baik.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved