Pendaftaran CPNS Dimulai Hari Ini

PEMERINTAH akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai Rabu (26/9) hari ini, pukul 00.01 WIB

Pendaftaran CPNS Dimulai Hari Ini

* Secara Online melalui Situs SSCN BKN

PEMERINTAH akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai Rabu (26/9) hari ini, pukul 00.01 WIB, tergantung dari jadwal masing-masing instansi. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Situs Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di https://sscn.bkn.go.id/.

Serambi mencoba mengakses situs tersebut, Selasa kemarin. Begitu terbuka, pengunjung akan langsung disuguhkan dengan dengan tampilan depan web yang berisi tentang panduan mendaftar, registrasi, dan persyaratan.

Jika ingin melihat-lihat formasi dan instansi yang membuka penerimaan CPNS, pengunjung bisa mengklik menu yang berada di sudut kanan atas, berupa simbol tiga garis dalam lingkaran. Selanjutnya pilih ‘Pencarian Lowongan’.

Pada laman ini, pengunjung bisa mencari formasi berdasarkan pendidikan, jabatan, instansi, dan lokasi formasi. Namun, BKN mengingatkan, sistem SSCN tidak mampu membaca keyword (kata kunci) pencarian yang salah.

Sebagai contoh, pelamar tak akan menemukan hasil bila mengetik kata kunci latar belakang pendidikan seperti ‘SMA’, ‘D3’, atau ‘S1’. Hasil baru akan keluar jika calon pelamar menuliskan seperti ini; ‘SLTA’, ‘D-III’, ‘D-IV’, ‘S-1’, dan seterusnya.

Selain itu, bagi yang ingin lebih rinci mencari formasi sesuai domisili yang diinginkan, bisa mencoba dengan meng-input nama daerah untuk kemudian mencari formasinya setelah hasil pencarian keluar.

Serambi coba mencari formasi berdasarkan nama daerah pada kolom ‘Lokasi Formasi’. Dari sejumlah kabupaten/kota, hasil pencarian baru keluar saat memasukkan salah satu kata kunci: ‘Banda Aceh’, ‘Bireuen’, ‘Meulaboh’, ‘Nagan Raya’, ‘Gayo Lues’, dan ‘Takengon’. Hanya saja untuk Meulaboh, Nagan, Gayo Lues, dan Takengon, masing-masing baru terdapat satu formasi, yakni pada posisi petugas keamanan bandar udara (aviation security).

Mengacu penjelasan di laman tersebut, kemungkinan, daftar formasi itu belum muncul semua karena daftar formasi instansi di masing-masing daerah belum terekam ke dalam SSCN dan belum diverifikasi oleh BKN. Karena itu, bisa jadi pada Rabu hari ini formasi di beberapa daerah masih ada yang belum bisa dilihat.

Membuat akun
Meski demikian, BKN menyarankan kepada seluruh calon pelamar agar melakukan registrasi atau pendaftaran untuk mendapatkan akun SSCN 2018, sebelum nantinya mendaftar di instansi yang telah siap menerima para pendaftar.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved