Plt Gubernur Aceh: Pemilu Harus Bebas dari Intimidasi

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT mengatakan, Pemilu 2019

Plt Gubernur Aceh: Pemilu Harus Bebas dari Intimidasi
KAPOLDA Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak (kiri) bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Pangdam IM, Mayjen TNI Teguh Indratmoko memeriksa pasukan saat mengikuti apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Rencong 2018, di halaman Mapolda Aceh, Banda Aceh, Rabu (19/9). 

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT mengatakan, Pemilu 2019 yang tahapannya kini sedang berlangsung, harus bebas dari segala bentuk intimidasi. Untuk itu, Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah kabupaten/kota diminta untuk mendukung kesuksesan tahapan Pemilu 2019 di Aceh.

Hal itu disampaikan Nova Iriansyah dalam sambutannya saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Persiapan dan Kesiapan Pemilu Tahun 2019 di Aula Serbaguna Setda Aceh, Selasa (25/9).

“Pemilu 2019 di Aceh harus berlangsung secara damai, aman, demokratis, dan mengedepankan prinsip-prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Bebas dari segala bentuk intimidasi, kekerasan, dan black campaign, serta memberikan jaminan bagi masyarakat untuk memilih sesuai pilihannya,” kata Nova.

Selanjutnya, Plt Gubernur mengatakan, KIP dan Panwaslih di Aceh beserta jajarannya, agar mengoptimalkan segala daya dan upaya untuk menyukseskan penyelenggaraan tahapan pemilu, sesuai dengan kewenangan dan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing, dengan tetap menjaga independensi dan profesionalitas.

Sedangkan jajaran Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota, diharapkan Nova memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap kelancaran penyelenggaraan pemilu

di Aceh tahun 2019, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Bina stabilitas politik, hukum dan keamanan di Aceh dengan mengedepankan nilai-nilai persuasif, edukatif, dan solutif,” kata Nova.

Para pimpinan daerah juga diharapkan untuk tetap menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) demi mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu di Aceh.

Nova menjelaskan, rapat koordinasi kemarin adalah momentum tepat untuk memantapkan koordinasi dan sinergitas antar pemangku kebijakan di Aceh demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Rakor ini untuk memantapkan koordinasi dan sinergitas pelaksanaan tugas, serta mengevaluasi dukungan pelaksanaan tahapan Pemilu 2019, antara penyelenggara dan pengawas pemilu dengan pemerintah daerah, aparat keamanan, dan penegak hukum,” ujar Nova.

Sebagaimana diketahui, Pemilu 2019 sudah memasuki tahapan kampanye calon anggota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon presiden dan wakil Presiden, terhitung sejak tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Pemungutan dan penghitungan suara akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved