Tafakur

Sisa Waktu

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa

Sisa Waktu

Oleh: Jarjani Usman

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Hasyr: 18).

Menjelang akhir tahun, banyak pekerjaan dari sejumlah lembaga pemerintah atau swasta dikebut penyelesaiannya. Itulah orang-orang yang mengerti tentang sisa waktu, sehingga berusaha untuk mengejarnya hingga berhasil menyelesaikannya. Namun sebenarnya bukan hanya lembaga, setiap diri kita juga perlu menyadari tentang sisa waktu dalam hidup ini.

Lebih-lebih kita tidak tahu akan hidup masing-masing akan berakhir, sehingga waktu yang ada perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk beramal. Tidak boleh lagi lalai atau berleha-leha dalam sisa waktu, tanpa memikirkan apa yang dipersiapkan untuk hari esok. Juga tak boleh melakukan hal-hal yang menghanguskan amalan. Kemampuan untuk melaksanakan ibadah dan beramalah juga perlu ditingkatkan.

Apalagi banyak di antara kita yang sudah tua dan kadangkala diserang berbagai macam penyakit. Anehnya, walaupun sudah tua, tak sedikit orang yang tak mau mengerti tentang apa yang harus dilakukan dalam sisa waktu hidupnya. Di saat azan berkumandang, misalnya, masih belum merasa perlu untuk bangkit menunaikan shalat. Akibatnya, orang-orang yang tetap duduk-duduk di warung berpuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang shalat berjamaah. Tak merasa sedih juga mendapati diri sudah berpuluh tahun demikian. Padahal sudah hidup pada sisa waktu.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved