Tafakur

Sebelum Menyesal

Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu

Sebelum Menyesal

Oleh: Jarjani Usman

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu; waktu sehatmu, sebelum datang waktu sakitmu; masa kayamu, sebelum datang masa kefakiranmu; masa luangmu, sebelum datang masa sibukmu; hidupmu, sebelum datang matimu” (HR. Al Hakim).

Memilih jalan hidup yang tertuntun dengan baik sungguh sangat dianjurkan bagi setiap insan di dunia ini. Soalnya, jalan hidup yang dipikirkan dan dirancang dengan baik akan menentukan kualitas hidup sekaligus membantu menghindari diri dari penyesalan (besar) di kemudian hari.

Seperti seseorang yang membiarkan masa mudanya tidak tertuntun pada jalur yang benar, akan menyesal sekali di waktu tua. Ketika salah di waktu muda, akan sulit untuk memulai lagi di waktu tua. Seseorang yang tidak memanfaatkan waktu untuk belajar dengan tekun di waktu muda, akan susah di waktu tua. Apalagi di waktu sudah tua, berbagai kemampuan tubuh sudah menurun dan terus menurun hingga menghilang. Mengingat susah. Mempertahankan apa yang sudah dimiliki saja susah, apalagi menambahnya.

Semua proses penuaan ini tak bisa dihindari. Ini bisa menjadi pengingat bagi kita bahwa setiap insan hanya bisa menikmati dunia ini sebentar saja, selanjutnya kembali kepada Allah Yang Maha Kuasa, diingini atau tidak.

Karena itu, berkali-kali kita diingatkan agar belajar menuntun diri di jalan yang benar sedini mungkin. Bahkan usaha untuk menuntun diri di jalan yang dibenar, dihargai oleh Allah. Buktinya, semua proses itu diberikan pahala berlimpah. Tinggal kita memanfaatkan saja kesempatan emas ini, agar tidak merasakan penyesalan yang teramat dahsyat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved