Timnas U-16 Indonesia Menang Satu Laga Lagi, Akan Lolos ke Piala Dunia

Untuk diketahui, Piala Asia U-16 adalah ajang kualifikasi Piala Dunia U-17 yang berlangsung satu tahun setelahnya.

Timnas U-16 Indonesia Menang Satu Laga Lagi, Akan Lolos ke Piala Dunia
SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM
Skuat timnas U-16 Indonesia sebelum menghadapi Filipini dalam laga Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (29/7/2018). 

SERAMBINEWS.COM, KUALA LUMPUR - Timnas U-16 Indonesia tinggal berjarak satu laga lagi untuk meraih tiket lolos ke Piala Dunia U-17 2019. Namun, Pelatih Fakhri Husaini tak mau para pemainnya berpikir dulu ke arah sana.

Timnas U-16 Indonesia lolos sebagai pemuncak klasemen Grup C Piala Asia U-16 2018 seusai bermain imbang tanpa gol melawan India di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018).

Lolos ke perempat final menjadi prestasi terbaik Indonesia sejak 1990. Jika berhasil memenangi laga perempat final, Garuda Asia julukan Timnas U-16 akan memastikan tiket lolos ke Piala Dunia U-17 2019.

Untuk diketahui, Piala Asia U-16 adalah ajang kualifikasi Piala Dunia U-17 yang berlangsung satu tahun setelahnya.

Baca: Mobil Dinas Kapolres Tulungagung Alami Kecelakaan, Istri dan Ajudan Meninggal

Baca: Putri DI Panjaitan Ungkap Kesaksiannya Saat G30S/PKI: Ayah Ditarik Kasar dan Ditembak di Dahi

Empat tim terbaik alias semifinalis akan otomatis menjadi wakil Asia di Piala Dunia. Sejak Piala Dunia U-17 digelar pertama kali pada 1985 tiga penyelenggaraan pertama masih berformat U-16, Thailand menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melangkah ke putaran final. Thailand dua kali lolos pada 1997 dan 1999.

Namun, mereka langsung tersisih di fase grup. Timnas U-16 Indonesia punya kesempatan melangkah untuk mengikuti jejak Thailand itu, lolos ke Piala Dunia U-17. Namun, Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, belum mau berpikir terlalu jauh.

"Kepastian lolos dari fase grup ini barulah awal. Kami masih punya 90 menit pertandingan lagi untuk dilalui," kata Fakhri Husaini seperti dikutip dari situs web Federasi Sepak Bola Asia (AFC), seusai laga versus India.

Fakhri Husaini mengatakan hal tersebut karena Timnas U-16 Indonesia masih harus melakoni satu laga lagi untuk bisa lolos ke semifinal. Selain itu, lawan Bagus Kahfi dkk di perempat final lebih kuat dibandingkan tiga lawan di Grup C.

Baca: Viral Seorang Wanita BAB di Gerbong KRL Commuter Line, Penumpang Sontak Kebauan

Baca: Ajakan Nobar Film G30S/PKI Dianggap Provokatif, Gatot Nurmantyo: Saya Ingatkan Tentang Sejarah Kelam

Sebagai juara grup, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D. Korea Selatan, Australia, dan Irak adalah para calon lawan Garuda Asia di perempat final.

Tiga calon lawan Indonesia itu punya pengalaman tampil pada putaran final Piala Dunia U-17. Australia mencatat prestasi terbaik, pernah melangkah ke partai final pada 1999.

Sementara itu, Korea Selatan pernah melangkah ke perempat final pada 1987, saat masih berformat Piala Dunia U-16. Adapun Irak, melangkah ke babak 16 besar pada Piala Dunia U-17 2017.

Partai penentuan Grup D akan dilangsungkan pada Jumat (28/9/2018). Korea Selatan akan berhadapan dengan Irak, sedangkan Australia menghadapi Afghanistan.

Korea Selatan memimpin klasemen dengan koleksi enam poin. Australia berada di posisi kedua dengan tiga poin, unggul head to head atas Irak di posisi ketiga.

Jadwal perempat final Piala Asia U-16 2018 adalah pada Minggu (30/9/2018) dan Senin (1/10/2018). Berdasarkan jadwal itu, Timnas U-16 akan bertanding pada Senin sore.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menang Satu Laga Lagi, Timnas U-16 Indonesia Akan Lolos ke Piala Dunia"

Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved