Citizen Reporter

Gempa dan Akidah Kita

SETELAH Lombok diguncang gempa, kita dikejutkan lagi dengan gempa Palu dan Donggala yang disertai tsunami

Gempa dan Akidah Kita
KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR
Hotel Roa Roa di kawasan Maesa di Kelurahan Lolu Timur, Kota Palu, luluh lantak dihantam rangkaian gempa yang melanda Sulawesi Tengah. Puluhan tamu belum diketahui nasibnya.(KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR) 

SETELAH Lombok diguncang gempa, kita dikejutkan lagi dengan gempa Palu dan Donggala yang disertai tsunami. Alhamdulillah keluarga besar di aceh pun tak menganggap ini bencana yang menimpa orang lain semata. Keluarga di Aceh turut menggalang bantuan dan dana. Beginilah akidah Islam mengajarkan kita; bagai satu tubuh.

Bicara akidah, upaya pendangkalan hingga pemurtadan kerap terjadi dalam setiap bencana. Sama ketika Aceh dilanda bencana dahsyat tsunami 2004 lalu. Ada saja yang memanfaatkan suasana untuk mengubah akidah umat. Maka di sini kita merindukan pengayom umat, pelindung yang akan menjaga akidah dari keguncangan.

Dalam Islam, pemimpin negara adalah ra’in dan junnah. Dalam arahannya rakyat bernaung, di belakangnya rakyat berlindung. Berlindung dalam semua aspek, hingga yang paling urgen, masalah akidah. Tapi apa boleh dikata, rakyat sekarang terkadang hanya punya rindu yang merundung.

Rindu yang telah ada di sudut-sudut relung. Rindu agar rahmat Allah segera menyelubung. Rindu penerapan syariat Islam yang agung. Rindu pada syiarnya yang akan segera bergaung.

Sy. Ajacut, M.A.
Muslimah Peduli Umat Aceh Barat. Email: arham.asy.syarifah@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved