Luar Negeri

Korea Selatan Sebut Korea Utara Punya 60 Bom Nuklir

Pemerintahan Korea Selatan (Korsel) memberikan laporan persenjataan nuklir yang dipunyai Korea Utara ( Korut).

Korea Selatan Sebut Korea Utara Punya 60 Bom Nuklir
Tampak dalam gambar DF-26, rudal balistik jarak menengah yang bisa dipasangi hulu ledak nuklir milik China.(Xinhua via South China Morning Post) 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintahan Korea Selatan (Korsel) memberikan laporan persenjataan nuklir yang dipunyai Korea Utara ( Korut).

Menteri Unifikasi Korsel Cho Myoung-gyon seperti dikutip Sky News Selasa (2/10/2018) menyebut, Korut memiliki 20 sampai 60 bom nuklir.

Berdasarkan data yang diterimanya dari intelijen, Korut diyakini memproduksi 50 kilogram plutonium yang cukup membuat delapan bom nuklir.

Sky News memberitakan, ini adalah kali pertama seorang pejabat Korut secara publik mengumumkan jumlah persenjataan Korut yang dikenal rahasia itu.

Meski telah memaparkan jumlah senjata Korut, Cho menegaskan Seoul tak akan menerima status Korut sebagai negara nuklir.

"Kami bakal terus melanjutkan usaha diplomatik agar tercipta denuklirisasi di seluruh Semenanjung Korea," terang Cho kepada parlemen.

Denuklirisasi menjadi agenda utama sepanjang 2018 ini. Dimulai dari pertemuan Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong Un pada 27 April.

Pertemuan di zona demiliterisasi Panmunjom itu menghasilkan Deklarasi Panmunjom yang salah satu isinya menekankan denuklirisasi total.

Amerika Serikat juga menghendaki Korut melucuti senjata nuklirnya ketika Presiden Donald Trump bertemu Kim di Singapura pada 12 Juni.

Tatkala pembicaraan denuklirisasi antara Washington dan Pyongyang terus bergulir, Korut menegaskan pelucutan senjata nuklir jangan menjadi bahan perundingan deklarasi berakhirnya Perang Korea.

Secara teknis, kedua negara masih terlibat perang karena konflik yang berlangsung 1950-1953 silam itu hanya berakhir dengan gencatan senjata.

Media pemerintah Korut KCNA dalam ulasannya menyebutkan deklarasi akhir Perang Korea bukanlah sebuah hadiah dari satu pihak ke pihak lain.

"Sekarang DPRK dan AS berambisi kuat usai membentuk hubungan baru untuk semangat pernyataan bersama pada 12 Juni. Ini cukup tepat untuk mengakhiri hubungan yang tegang," tulis KCNA.(Sky News)

Baca: CPNS 2018 - Foto yang Diupload di Akun sscn.bkn.go.id Berbeda, Ini Penjelasan BKN

Baca: Sebelum Dianiaya, Ini Cerita Ratna Sarumpaet yang Pernah Alami Penolakan di Berbagai Kota

Baca: CPNS 2018 - Helpdesk Pendaftaran di Link Sscn.bkn.go.id Bermasalah, BKN Tegaskan ini pada Pelamar

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korsel: Korut Punya 60 Bom Nuklir"

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved