Tafakur

Merawat Ingatan

Dan janganlah kamu melupakan kebaikan di antara kamu. Sungguh Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan

Merawat Ingatan

Oleh: Jarjani Usman

“Dan janganlah kamu melupakan kebaikan di antara kamu. Sungguh Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 237).

Saat musibah terjadi pada diri kita, apa saja bantuan orang lain rasanya begitu berharga. Semakin banyak bantuan, semakin terobati rasa sakit atau penderitaan di tubuh dan jiwa kita. Lebih-lebih saat bantuan meliputi segala aspek kehidupan, hingga rumah dan makanan hingga berbulan-bulan. Semua kebaikan orang lain itu tentunya harus dirawat dalam ingatan.

Tanda orang-orang yang mampu mengingat kebaikan orang lain mudah diketahui. Misalnya, pada saat orang lain ditimpa musibah, kita ikut merasa prihatin. Berempati dan membantu mereka dengan hal-hal yang bermanfaat untuk melanjutkan kehidupan merupakan wujud dari keperihatinan. Mereka adalah hamba-hamba Allah, yang sebenarnya seibu dan seayah dengan kita semua. Sebagaimana kita, mereka juga merupakan anak cucu Nabi Adam dan Hawa.

Lebih-lebih dengan saudara seiman, yang oleh Rasulullah SAW diibaratkan dengan satu tubuh. Dengan demikian, jika mereka di satu bagian tubuh, kita di bagian tubuh yang lain, yang tak mungkin tak ikut merasa sakit pada saat satu bagian tubuh sedang sakit. Sungguh sangat tega bila satu tubuh kita tak tersentuh untuk ikut membantu orang-orang yang terkena musibah, seperti para korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved