RSUZA Luncurkan Layanan Geriatri

Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh kembali meluncurkan unit layanan poliklinik baru

RSUZA Luncurkan Layanan Geriatri
AZHARUDDIN,Direktur RSUZA Banda Aceh

BANDA ACEH - Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh kembali meluncurkan unit layanan poliklinik baru, untuk melengkapi pelayanan kesehatan kepada masyarakat Aceh. Kali ini, unit layanan baru itu Poliklinik Geriatri Terpadu dan Paliatif.

“Pasien geriatri adalah warga yang berusia 60 tahun ke atas yang menderita beberapa macam penyakit (multipatologi), yang dapat menimbulkan gangguan fungsi jasmani, rohani dan disertai masalah sosial,” kata Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin, SpOT K-Spine FICS, saat melaunching unit layanan baru itu, Selasa (2/10).

Poliklinik khusus lansia penderita multipatologi itu terletak di lantai dasar RSUZA tergabung dalam gerai poliklinik lain. Penempatan di lantai dasar juga untuk memudahkan para pasien yang notabene usia lanjut itu menuju ruang poli untuk pemeriksaan jangkitan penyakit.

Menurut Direktur RSUZA, pasien geriatri umumnya memiliki beberapa penyakit metabolik degeneratif kronis. Dengan fungsi organ dan status fungsional atau kemampuan fisik menurun dan pasien tersebut sering menggunakan beragam obat untuk mengobati penyakit, yang diperoleh dari banyak dokter.

Ia menambahkan, fungsi organ tubuh yang sudah menurun dengan mengkonsumsi banyak obat, bisa memperburuk kesehatan pasien. Selain itu, pada pasien geriatri, stres atau masalah psikososial yang ringan juga dapat memicu serangan ulang penyakitnya. “Sudah saatnya RSUZA sebagai rumah sakit kebanggaan masyarakat Aceh memberikan perhatian khusus kepada pasien-pasien geriatri, sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup pasien serta memberikan pelayanan paripurna dan tepat yang efektif dan efisien,” katanya.

Direktur RSUZA Banda Aceh, Dr dr Azharuddin, SpOT K-Spine FICS menambahkan, pelayanan paliatif adalah perawatan yang dilakukan kepada pasien yang menderita penyakit kronis, dengan stadium lanjut yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

“Peningkatan hidup dilakukan dengan cara pendekatan dari sisi psikologis, psikososial, mental serta spiritual pesien sehingga membuat mereka lebih tenang, bahagia serta nyaman ketika menjalani pengobatan,” katanya.

Sebelumnya, RSUZA juga telah meluncurkan Pelayanan Tumbuh Kembang Anak Terpadu yang merupakan sebuah pelayanan kesehatan yang bersifat holistik terhadap tumbuh kembang anak yang meliputi kesehatan fisik, mental dan indera anak.(nur)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved