516 Siswa SMK Bersaing di LKS

Sebanyak 516 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari 23 kabupaten/kota di Aceh bersaing

516 Siswa SMK Bersaing di LKS
KEPALA Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin menyerahkan piala bergilir Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke Ketua Pantia, Teuku Miftahuddin, Selasa (2/10) malam di SMK 1di Lhong Raya, Banda Aceh. 

BANDA ACEH - Sebanyak 516 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari 23 kabupaten/kota di Aceh bersaing untuk memperebutkan 39 piala Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Aceh tahun 2018, 2-7 Oktober mendatang. Even tingkat provinsi itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin MPd di SMK 1, 2, dan 3 di Lhong Raya, Banda Aceh, Selasa (2/10) malam.

Pada kesempatan itu, Kepala Disdik Aceh, Syaridin MPd menyerahkan piala bergilir LKS kepada Ketua Panitia, Teuku Miftahuddin MPd untuk diperebutkan kembali pada LKS tahun 2018 ini. Sebelumnya, piala bergilir tersebut dipegang Kota Banda Aceh sebagai juara LKS tahun 2017. Hadir pada pembukaan, Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslim Yakob, Kabid SMA dan PKLK Disdik Aceh, Zulkifli, dan mantan Kadisdik Aceh, Drs Bakhtiar Ishak.

Selain memperebutkan 39 piala dari 39 mata lomba, kata Syaridin, LKS tahun juga dimeriahkan dengan Expo LKS yang dilaksanakan di Taman Sari, Banda Aceh. Kadisdik Aceh memotivasi para siswa untuk dapat meraih passing grade atau batas nilai minimal, agar bisa mewakili Aceh ke ajang serupa di tingkat nasional. “Kalau tidak mencapai passing grade yang ditetapkan, juara I pun bisa tak lulus ke LKS nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syaridin juga mengucapkan terima kasih kepada dunia industri yang telah mendukung kemajuan SMK di Aceh. Berkat dukungan pihak industri, para siswa SMK di Aceh bisa mendapat pengalaman dan wawasan melalui praktik kerja atau magang.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin menyebut bahwa LKS Aceh 2018 memperlombakan 39 mata lomba di beberapa titik dan expo di Taman Sari, Banda Aceh. Untuk lomba bidang studi dipusatkan di SMK 1, 2, 3 Banda Aceh, SMK Almubarkeya, dan SMK Ladong Aceh Besar.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin menambahkan, untuk mendapatkan hasil LKS yang maksimal dan siap mental di lomba tingkat nasional, pihaknya melibatkan juri nasional untuk setiap mata lomba. “Juri nasional kami libatkan mulai tahun 2018 ini, supaya ajang tingkat provinsi ini mampu melahirkan para juara berdaya saing nasional,” ujarnya.

Selain aneka perlombaan di SMK, kata Miftahuddin, expo LKS yang dipusatkan di Taman Sari juga menarik untuk ditonton. Disebutkan, pameran tersebut akan menyuguhkan berbagai atraksi dari para siswa SMK yang berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh.(sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved