Tafakur

Sisi Positif Bencana

Janganlah salah satu di antara kalian meninggal dunia kecuali dia berprasangka baik kepada Allah

Sisi Positif Bencana

Oleh: Jarjani Usman

“Janganlah salah satu di antara kalian meninggal dunia kecuali dia berprasangka baik kepada Allah” (HR. Muslim).

Dalam setiap bencana, kita umumnya melihat sisi negatifnya seperti kerusakan di sana-sini, kematian, munculnya penyakit, dan lain-lain. Namun sesekali perlu juga melihat sisi positifnya, yang juga banyak.

Pertama, bencana bisa membuat diri kita semakin insaf bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. Kehidupan akhiratlah yang abadi.

Kedua, bencana bisa membuat kita yakin bahwa semua yang kita miliki sebenarnya adalah pinjaman sementara. Jadi, kita tak sebaiknya sombong bila memiliki sesuatu, walaupun terasa banyak. Dan juga tidak boleh berputus asa bila diambil kembali sewaktu-waktu.

Ketiga, bencana bisa menguji kemampuan kita untuk bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah. Bila pada saat diambil sebahagian begitu menyengsarakan, apalagi bila diambil lebih banyak lagi. Dan pada saat sebahagian diambil, yang lain masih diberikan. Seperti saat diambil harta benda, masih banyak yang bisa dinikmati.

Keempat, bencana juga bisa menyatukan banyak orang dari berbagai daerah dan negara. Semua mata dan hati tertuju pada daerah bencana yang sedang terjadi dan pada korban-korbannya. Sehingga berusaha bersama-sama membantu.

Masih banyak sisi positif lainnya, bila ditelusuri. Yang terpenting adalah senantiasa berbaik sangka kepada Allah. Jangan sampai karena suatu bencana, kita menjadi berburuk sangka kepada Allah. Allah maha tahu, sedangkan kita hanya diberi ilmu secuil saja.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved