Unsyiah Gelar Baksos Terintegrasi

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar bakti sosial (baksos) terintegrasi yang akan berlangsung di sejumlah kecamatan di Aceh Jaya

Unsyiah Gelar Baksos Terintegrasi
SERAMBINEWS/RASIDAN
2.122 mahasiswa Unsyiah Banda Aceh tida di kampus PSDKU Usyiah Galus Blangnangka untuk melaksanakan kegiatan KKN di sebelas kecamatan di kabupaten tersebut, Minggu (8/7/2018). 

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar bakti sosial (baksos) terintegrasi yang akan berlangsung di sejumlah kecamatan di Aceh Jaya, 7-12 Oktober 2018. Baksos itu rencananya akan dibuka Bupati Aceh Jaya, Drs T Irfan TB dan Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng, Minggu (7/10) di Rumah Sakit Teuku Umar, Calang.

Ketua Panitia Baksos Terintegrasi, Dr Hajjul Kamil MKep kepada Serambi, Jumat (5/10) mengatakan, baksos terintegrasi itu dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi Unsyiah kepada masyarakat. Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan milad ke-57 Unsyiah. Baksos itu akan diikuti 500 peserta, yang terdiri atas 200 dosen dan 300 mahasiswa. Sebanyak 12 fakultas, empat unit pelaksana teknis (UPT) dan BKM masjid yang ada di Unsyiah bersinergi menggelar sekitar 87 program kegiatan dalam baksos ini.

Dikatakan Hajjul, semua fakultas akan membuat kegiatan yang sesuai dengan keilmuannya masing-masing. Lokasinya juga akan menyebar di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Jaya. “Ini sebagai bentuk bakti Unsyiah kepada masyarakat di miladnya yang ke-57. Kita harap Aceh Jaya akan semakin baik dengan turunnya akademisi untuk mengaplikasikan ilmunya,” ujarnya.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu operasi bibir sumbing, operasi katarak, pengobatan massal, pemeriksaan gigi untuk murid sekolah, vaksinasi, pembuatan pakan ternak, pemeliharaan fasilitas ibadah, khitanan massal, mitigasi bencana, pelatihan keuangan, sosialisasi pemilu, penanaman pohon, hingga pelatihan guru. Sebelumnya Unsyiah sudah menggelar kegiatan itu di Aceh timur, Gayo Lues, dan Pidie Jaya.

Tahun ini Unsyiah memilih baksos di Aceh Jaya, karena kabupaten tersebut merupakan salah satu daerah otonomi termuda di Aceh. Sehingga beraneka program dengan beragam latar belakang ilmu diharapkan memberikan manfaat ke masyarakat. Ditambah lagi, kegiatan itu mendapat dukungan dari jajaran Pemkab Aceh Jaya.

Masyarakat Diajak Berpartisipasi
Ketua Panitia Baksos Terintegrasi, Dr Hajjul Kamil MKep berharap masyarakat Aceh Jaya dapat berpartisipasi dalam semua program yang dilaksanakan Unsyiah dalam baksos tersebut. Karena hampir semua kecamatan terdapat program dari akademisi Unsyiah ini.

Dikatakan, setelah hari pembukaan besok, Minggu (7/10), Fakultas Kedokteran akan langsung menggelar operasi bibir sumbing dan operasi katarak di Rumah Sakit Teuku Umar Calang. Sedangkan kegiatan lainnya akan terus dilaksanakan secara berurutan hingga Jumat (12/10) nanti.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved