KIP Banda Aceh Deklarasi Kampanye Damai

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Minggu (7/10), menggelar deklarasi Pemilu Damai 2019

KIP Banda Aceh Deklarasi Kampanye Damai
Para ketua partai politik peserta pemilu menandatangani deklarasi kampanye damai pemilu 2019 di Banda Aceh, Aceh, Minggu (7/10). Deklarasi kampanye damai pemuli 2019 diharapkan terwujudnya kampanye tanpa hoaks, politisasi sara dan politik uang serta pemilu yang bersih, jujur dan adil. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nz/18. 

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Minggu (7/10), menggelar deklarasi Pemilu Damai 2019 di Pelataran Stadion H Dimurthala, Lampieneung, Banda Aceh. Deklarasi dihadiri oleh para pengurus parpol.

“Dalam Pemilu 2019 nanti, ada 2 calon presiden, 19 parpol yang mengajukan 440 caleg, 26 calon anggota DPD, beserta tim pelaksana kampanye. Tentu ini banyak sekali kegiatan serentak yang berlangsung di lapangan,” ujar Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady, kepada wartawan usai deklarasi.

Ia berharap, semua pihak menjalankan tahapan pemilu sesuai regulasi yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta memberikan laporan agar semua kegiatan bisa dikoordinasikan, sehingga tidak terjadi benturan di lapangan.

Terkait dengan logistik Pemilu, ia menjelaskan bahwa itu masih dalam tahap perencanaan. Kemungkinan November atau Desember mendatang, KIP baru menerima logistik beripa kotak dan bilik suara. “Setelahnya baru KIP Banda Aceh menyiapkan perlengkapan logistik di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” imbuh Indra Milwady.

Hadir dalam deklarasi tersebut, Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH dan Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto SIP. Deklarasi ditandai dengan penandatangan prasasti dan pelepasan merpati sebagai simbol perdamaian. Acara ditutup dengan pawai parpol yang dilepas oleh Wali Kota.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH menyebutkan akan mengerahkan 300 personel selama masa kampanye. Sedangkan saat pencoblosan, jumlahnya akan disesuaikan kembali. “Secara umum situasi Banda Aceh masih kondusif dan deklarasi ini merupakan representasi dari peserta Pemilu dan kita sebagai penyelenggara. Peserta pemilu sudah berkomitemn menjaga tahapan-tahapan pemilu, karena tahapan pemilu sudah masuk tahap inti,” terang Trisno.

Ia berharap, apa yang disepakati bersama bisa diwujudkan. Pihaknya dibantu Dandim akan mengawal proses Pemilu agar berangsung damai seperti yang dideklarasikan.(rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved