5 Parpol di Nagan Bisa Ikut Pemilu

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Nagan Raya berhasil memediasi lima partai politik dalam kasus

5 Parpol di Nagan Bisa Ikut Pemilu
MUHAMMAD YASIN, Ketua KIP Nagan Raya

* Setelah Dimediasi Panwaslih

* KIP Diminta Masukkan Caleg PPP Aceh Utara

SUKA MAKMUE - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Nagan Raya berhasil memediasi lima partai politik dalam kasus sengketa terlambatnya penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), sehingga tak berlanjut ke sidang ajudikasi.

Kelima partai politik itu adalah Partai Demokrat, PAN, PNA, PA dan SIRA. Menurut Ketua Panwaslih Nagan Raya, Said Syahrul Rahmad, kepada Serambi, Selasa (9/10), KIP telah menyatakan kesediaanya untuk menerima kembali LADK kelima partai tersebut.

“Para pihak sepakat menggunakan pasal 334 ayat (2) UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” kata Said Syahrul.

Ia menjelaskan, mediasi memang dibenarkan oleh Peraturan KPU, dan KIP Nagan Raya juga telah menjalankan penerimaan LADK sesuai Pasal 38 ayat (3) PKPU No 24 tahun 2018 sebagaimana di ubah dengan PKPU No 24 tahun 2018 tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum.

“KIP Nagan Raya bersedia menerima LADK dari kelima parpol dan memasukkan kembali sebagai peserta Pemilu tahun 2019, dan partai sepakat untuk menyiapkan LADK dan memeriksa kembali keabsahan dokumen paling telat 1x24 jam setelah putusan mediasi dibacakan,” jelas Said Syahrul Rahmad.

Terpisah, Panwaslih Aceh Utara memerintahkan KIP agar mengeluarkan keputusan tentang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRK dengan memuat nama Tgk Nurdin.

Tgk Nurdin merupakan calon anggota DPRK dari PPP daerah pemilihan I. Dalam pengumuman DCT 20 September lalu, nama Tgk Nurdin tidak termasuk di dalamnya. Permintaan tersebut termuat dalam putusan rapat pleno Panwaslih Aceh Utara, dalam sidang ajudikasi Senin (8/10).

Sebelumnya, DPC PPP mengajukan sengketa terkait keputusan KIP Aceh Utara tentang penetapan DCT tak memuat nama Nurdin karena belum mengundurkan diri dari Keujruen Blang. Padahal Tgk Nurdin sudah mengantongi surat pengunduran diri sebagai Keujruen Blang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved