Panwaslih Aceh Utara Minta KIP Masukkan Caleg SIRA

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara kembali memerintahkan Komisi Independen

Panwaslih Aceh Utara Minta KIP Masukkan Caleg SIRA
Partai SIRA Aceh Utara mendaftarkan 54 bakal calon legeslatif (bacaleg) ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara 

LHOKSUKON - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara kembali memerintahkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) agar mengeluarkan keputusan baru tentang Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRK Aceh Utara dengan memasukkan nama M Yusuf dari Partai SIRA.

Hal itu disampaikan Komisioner Panwaslih Aceh Utara dalam rapat pleno setelah sidang adjudikasi pada Rabu (10/10), yang terdiri, Safwani SH, Muhammad Nur Furqan, T Yuherli Basri, Yusriadi dan Zulkarnaini.

M Yusuf (Ketua Fraksi DPRK Aceh Utara periode 2009-2014), sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat, sehingga namanya tak termuat dalam DCT, karena ijazah yang dikeluarkan Darutthibah Lhoksukon tidak resmi.

Sebelumnya Panwaslih juga mengambulkan permohonan sengketa yang diajukan Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC) Aceh Utara terhadap Tgk Nurdin. Dalam putusan itu Panwaslih juga meminta KIP Aceh Utara untuk memasukkan nama Tgk Nurdin dalam DCT paling lambat 3 hari setelah putusan tersebut dibacakan.

“Terimakasih kepada Panwaslih Aceh Utara yang sudah menunjukkan netralitasnya dalam memutuskan perkara tersebut. Keputusan ini bukan masalah menang atau kalah, tapi keadilan yang perlu diperjuangkan,” ujar Ketua SIRA Aceh Utara, Muslim, kepada Serambi kemarin.

Ketua Divisi Pengawasan Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Aceh Utara, Muhammad Nur Furqan, mengatakan, dalam tahapan Pemilu ini hanya tiga partai yang mengajukan sengketa terkait penetapan DCS dan DCT. “Satu permohonan dibatalkan, dua dikabulkan,” kata Furqan.

Sementara itu Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar SH, mengaku sudah menerima putusan tersebut. Namun, pihaknya akan mempelajari kembali, dan setelah itu baru ditelaah. “Kita masih memiliki waktu tiga hari kedepan. Mungkin dua putusan tersebut (terhadap Tgk Nurdin dan M Yusuf) akan diputuskan secara bersama-sama,” ucap Zulfikar.(jaf)

Tags
DCT
KIP
SIRA
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved