Bupati Bireuen Harapkan Semua Pihak Mendukung Sektor Pertanian

Bupati Bireuen H Saifannur S Sos mengharapkan semua pihak untuk mendukung sektor pertanian

Bupati Bireuen Harapkan Semua Pihak Mendukung Sektor Pertanian

BIREUEN – Bupati Bireuen H Saifannur S Sos mengharapkan semua pihak untuk mendukung sektor pertanian, sehingga usaha pertanian berkembang, memperoleh hasil maksimal dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan penetapan jadwal turun ke sawah musim tanam rendengan, di Balee Cot Girek, Kemukiman Cot Bada, Kecamatan Peusangan, Bireuen, Rabu (10/10). Pada kesempatan itu, Saifannur mengatakan, salah satu strategi untuk memacu peningkatan produksi dan produktivitas usaha tani padi khusus di Bireuen dengan mengintegrasikan dukungan kegiatan antar sektor dan antar wilayah dalam engembangan usaha pertanian.

Bupati juga mengharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk dapat berkontribusi langsung danbersinergi mendukung sektor pertanian, baik penyuluh, pengamat hama mantritani, TNI-AD, petugas GP3A, P3A dan ketua kelompok tani serta komponen masyarakat lainnya. “Khusus kepada para camat saya diinstruksikan, agar dapat menggerakkan masyarakat untuk bergotong-royong, membersihkan saluran air dan irigasi, sebelum dibuka pintu air,” tegas bupati.

Kepala Dinas Komunikasi dan Infromasi (Diskominfo) Bireuen, M Zubair SH MH mengatakan, harapan tersebutmenjadi bagian terpenting karena Bireuen sudah berusia 19 tahun dan sudah banyak pembangunan bidang pertanian dilakukanPemkab Bireuen untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Tahun 2018 katanya, bupati Bireuen melanjutkan pembangunan fisik tiga irigasi besar dan sejumlah irigasi lainnya dengan sumber APBA seluruhnya mencapai Rp 120 miliar lebih.

Tiga irigasi besar yang pekerjaanya sedang dilakukan yaitu irigasi Aneuk Gajah Reut di Peudada, irigasi Seuke Pulot di Peusangan Siblah Krueng dan irigasi Alue Geureutut di Ulee Gle Kecamatan Makmur. Kemudian memperbaiki pintu air irigasi Pante Lhoong. Pertemuan berbagai unsur bidang pertanian k menetapkan jadwal turun ke sawag ata Zubair adalah dimulainya turun ke sawah secara serentak dalam kabupaten Bireuen, mulai daerah irigasi Samalanga, Pandrah, Nalan, Peudada dan Pante Lhong. Ditambah lagi puluhan waduk dan embung, dengan total luas tanam mencapai 23.200 hektar.

Informasi publik.
Kepala Dinas Kominfo Bireuen, Zubair SH MH menambahkan, tahun 2018 Pemkab Bireuen melaluiDiskominfo membuat program mengembangkan aplikasi website dari berbagai basis web untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tentang infomasi publik dan memudahkan akses informasi tentang pembangunan serta kegiatan pemerintah.

Saat ini katanya sudah dikembangkan untuk Kecamatan Peudada juga dapat diakses melalui Playstore dandilanjutkan dengan mengetik kecamatan Peudada. “Kecamatan Peudada sudah memiliki website yang aktif dikelola pihak kecamatan, sedangkan kecamatan lainnya belum” ujarnya.

Diharapkan ke depan, semua satuankerja tingkat kabupaten dan kecamatan untuk membuat website berbasis android yang akan dikembangkan melalui Diskominfo Bireuen. “Kalau ada ganjalan dalam hal mengakses dapat berkonsultasi dengan Diskominfo,” ujarnya. Langkah yang dilakukan tersebut katanya, merupakan salah satu upaya menciptakan good govormance yang juga pelaksanaan visi dan misi bupati dan wakil bupati Bireuen juga untuk memudahkan masyarakat mengetahui berbagai kegiatan pemerintahan dan informasi menyangkut pembangunan daerah. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved