Hujan Lebat Guyur Aceh Selatan, Beberapa Lokasi Terjadi Longsor

Banjir yang membawa material lumpur pasir itu tidak hanya mengganggu pengguna jalan, namun juga rumah warga.

Hujan Lebat Guyur Aceh Selatan, Beberapa Lokasi Terjadi Longsor
ist
Kondisi longsor di salah satu kawasan di Aceh Selatan, Jumat (12/10/2018). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Hujan lebat, Jumat (12/10/2018) sekira pukul 14.30 WIB mengguyur Aceh Selatan mengakibatkan terjadinya tanah longsor dan banjir di sejumlah lintasan Jalan Nasional Tapaktuan-Blangpidie.

Tepatnya kawasan Mapolsek Samadua sekitar 10 Kilometer dari Tapaktuan arah Timur dan juga di desa Trieng Mudoroe Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

Akibat banjir dan longsor tersebut membuat para pengendera terpaksa harus ekstra hati-hati, karena kawasan Gunung Air Dingin tepatnya di depan Warkop Jamudin longsoran sangat mengancam para pengguna jalan.

Menurut Jamudin, pemilik Rumah Makan Jamudin, longsor dengan material batu dan batang kayu itu terjadi sekira pukul 14.30 WIB membuat sejumlah kendaraan harus hati- hati.

Baca: Belasan Desa di Aceh Singkil Terendam Banjir, Warga Buat Jembatan Darurat dari Rumah ke Jalan

Demikian juga dengan banjir yang terjadi di lintasan jalan Nasional Tapaktuan-Blangpidie membuat sejumlah kenderaan roda dua terperangkap sehinga harus melalui ruas jalan dimaksud dengan ekstra hati hati.

Banjir yang membawa material lumpur pasir itu tidak hanya mengganggu pengguna jalan, namun rumah warga juga terkena imbasnya.

"Ini akibat pembangunan Kampus Poltas tanpa pengkajian dan perencanaan yang matang. Kami melihat proyek masa Bupati HT Sama Indra ini terkesan dipaksakan, sehingga tanpa ada kajian yang matang terhadap imbas yang diderita masyarakat sekitar," ungkap Haimanan, salah seorang Samadua.

Baca: Tertimbun Longsor, Arus Transportasi Blangkejeren-Kutacane Sempat Lumpuh Total 9 Jam

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma S.STP yang dikonfirmasi Serambinews.com mengaku hasil pantauan pihaknya wilayah Samadua, Sawang dan Labuhanhaji tergenang banjir

"Sebagian besar air tergenang dilintasan jalan nasional dan lumpuran longsor di lokasi pembangunan Poltas," kata Cut Sazalisma.

Di Air Dingin, tambahnya, lumpuran juga terjadi di lokasi pengambilan tanah timbun.

Sementara alat berat masih melakukan pengerjaan pembersihan longsoran di jalan Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan.

"Tim BPBD bersama personel TNI/Polri sudah turun membantu mengatasi masalah tersebut," pungkasnya. (*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved