Aceh Timur segera Terapkan KTR

Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Kesehatan Aceh Timurr menyosialisasikan peraturan bupati (Perbup) penetapan kawasan tanpa rokok (KTR)

Aceh Timur segera Terapkan KTR
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

IDI - Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Kesehatan Aceh Timurr menyosialisasikan peraturan bupati (Perbup) penetapan kawasan tanpa rokok (KTR) yang berlangsung di Aula Dinkes setempat, Jumat (12/10). Dalam waktu dekat, Aceh Timur akan segera menerapkan KTR tersebut.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A Rahman ini diikuti oleh Kadinkes, Kepala Bappeda sebagai pemateri, dan peserta dari unsur kepala SKPK serta tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Usman A Rahman mengatakan, penetapan kawasan tanpa rokok (KTR) ini merupakan program nasional yang telah ditindaklanjuti di Aceh Timur dengan membuat regulasi berupa peraturan bupati (Perbup).

“Program nasional ini harus kita implementasikan di daerah. Karena itu, daerah telah membuat regulasi pelaksanaan KTR beserta sanksinya agar program ini bisa berjalan dengan baik. Kita harap unsur kepala SKPK dan seluruh lembaga lainnya yang ada di Aceh Timur sudah dapat mulai menetapkan kawasan tanpa rokok di instansi masing-masing,” pinta Rahman.

Sementara itu, Kepala Bappeda Aceh Timur Dr Darmawan M Ali mengatakan, sosialisasi penetapan KTR ini untuk menentukan serta mengelola lokasi-lokasi yang diperbolehkan merokok dalam kawasan Aceh Timur.

“Kita berharap penetapan kawasan KTR ini dapat segera kita launching di Aceh Timur dalam rangka mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Karena itu, seluruh stakeholders di Aceh Timur harus melaksanakan program ini, karena program nasional ini merupakan tanggung jawab kita semua,” jelas Darmawan.

Sementara itu, Kadiskes Aceh Timur Sahminan mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan terus menggencarkan kampanye tentang bahaya asap rokok ke seluruh elemen masyarakat.

“Terutama kami akan memulai kampanye bahaya asap rokok ini pada instansi-instansi dalam Pemkab Aceh Timur. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat Aceh Timur hidup sehat,” ungkap Sahminan.

Penyebab Kemiskinan
Rokok terbukti melanggengkan kemiskinan, tetapi pengendaliannya dinilai masih setengah hati. Dengan menerapkan kawasan tanpa rokok, setidaknya bisa menghambat para perokok untuk tidak bisa sembarangan merokok.

Pada Maret 2018, menurut BPS, komoditas makanan yang memberikan sumbangan terbesar pada garis kemiskinan baik di perkotaan maupun di pedesaan pada umumnya sama, yaitu beras yang memberi sumbangan sebesar 20,28 persen di perkotaan dan 25,89 persen di perdesaan. Rokok kretek filter memberikan sumbangan terbesar kedua terhadap garis kemiskinan 10,88 persen di perkotaan dan 10,11 persen di perdesaan.(sak/c49)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved