BPN Langsa Deklarasi Zona Integritas

Kantor Pertanahan (Kantah) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Langsa, Jumat (12/10), mencanangkan pembangunan Zona Integritas

BPN Langsa Deklarasi Zona Integritas
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Tim BPN-RI bersama Kapolsek Babahrot, Iptu Rizal Firmansyah ST dan tim pemda Abdya meninjau dan memasang titik lokasi rencana pemotretan area HGU PT Cemerlang Abdi, Kecamatan Babahrot, Senin (14/5/2018). Lokasi ini sejak puluhan tahun tidak digarap, namun saat ini, sebuah alat berat sedang melakukan pembersihan lahan. 

LANGSA - Kantor Pertanahan (Kantah) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Langsa, Jumat (12/10), mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di Aula Kantor BPN setempat.

Hadir Perwakilan Kantor Wilayah BPN Aceh M Hanafiah SH MH, Asisten I Setdako Langsa Suriyatno AP MSP, Kajari Langsa R Ika Haikal SH MH, Kepala PN Langsa Dr Nurnaningsih Amriani SH MH, Waka Polres Langsa Kompol Budi Darma SH, dan lainnya.

Kakanwil BPN Aceh yang diwakili M Hanafiah SH MH mengatakan, pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM merupakan bentuk implementasi dari pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2004, tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi.

Hal ini juga sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2010-2014, terutama yang terkait dengan prioritas pembangunan dan reformasi birokrasi yang bertujuan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, profesional, akuntabel, dan melayani.

Butuh Dukungan
Pada kesempatan itu, pihaknya juga mengharapkan dukungan semua pihak, baik Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Polres Langsa, dan khususnya semua pihak di Kantor Pertanahan Kota Langsa untuk memegang teguh dan saling mengingatkan atas komitmen ini.

Menurutnya, kejahatan korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan nasional. Upaya pendidikan korupsi harus diimbangi dengan upaya pencegahannya. Pemerintah telah berupaya melakukan upaya pencegahan yang dituangkan dalam sebuah aturan perundang-undangan.

Untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka ditetapkan kebijakan pembangunan zona integritas yang secara sederhana dapat diartikan sebagai komitmen seluruh PNS untuk tidak melakukan korupsi.

“Dalam konteks Kantor Pertanahan Kota Langsa, maka pencanangan zona integritas ini merupakan komitmen kita untuk tidak melakukan korupsi,” sebutnya.

Dia menambahkan, zona integritas atau ZI adalah predikat yang berikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya, mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi.

Sementara itu, Kepala Kantah BPN Kota Langsa Andi Darmawan Lubis ST MSi mengatakan, pihaknya bertekad mewujudkan pencanangan Zona Integritas di lingkungan Kantor BPN setempat menuju terwujudnya Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. (zb)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help