Muzakarah MPU Bahas Panduan Memilih Pemimpin

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara pada Kamis (11/10), mengadakan muzakarah ulama

Muzakarah MPU Bahas Panduan Memilih Pemimpin
KOLASE/SERAMBINEWS.COM
Majelis Permusyawaratan Ulama 

LHOKSUKON – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara pada Kamis (11/10), mengadakan muzakarah ulama untuk membahas persoalan kemimpinan menurut Islam di Hotel Lido Graha Lhokseumawe. Kegiatan itu diadakan untuk meningkatkan pemahaman ulama dalam memahami makna dharurah memilih pemimpin.

“Alasan diadakan muzakarah ini dan memilih persoalan tersebut, karena ke depan akan diadakan pemilu dan pilpres di negeri ini untuk memilih presiden dan pemilihan calon legislatif mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga pusat,” ujar Ketua MPU Aceh Utara, Tgk H Abdul Manan didampingi Sekretaris MPU, Fuad Muzzakir kepada Serambi, Jumat (12/10).

Menurut Abu Manan, kepemimpinan adalah persoalan penting dalam Islam. Hal tersebut dapat terlihat dari banyak ayat Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW yang membahasnya. “Karena kepemimpinan salah satu faktor yang besar pengaruhnya terhadap kehidupan suatu masyarakat,” ulasnya.

Tujuan diadakan kegiatan itu, lanjut Abu Manan, untuk memberikan masukan dan panduan kepada masyarakat yang berhak memilih, khususnya kepada masyarakat muslim. “Sebab, jika salah dan keliru dalam memilih pemimpin (eksekutif dan legislatif), akan sangat fatal dan berdampak terhadap perkembangan Islam dan generasi yang akan datang,” ucapnya.

Ditambahkan dia, dalam Islam sudah disebutkan pemimpin yang boleh dipilih dan tidak boleh dipilih. “Namun, bila calon pemimpin yang akan dipilih tidak memenuhi kriteria sesuai yang disebutkan dalam Islam, maka pilihlah pemimpin yang mendekati dengan kriteria yang disebutkan dalam Islam,” pungkas Ketua MPU Aceh Utara itu.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved