Pidie Jaya Fokus pada Sektor Ekonomi

Jika sebelumnya Pemkab Pidie Jaya memfokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan

Pidie Jaya Fokus pada Sektor Ekonomi
Bappeda Pidie Jaya Munawar Ibrahim S.Kp, MPH

BANDA ACEH - Jika sebelumnya Pemkab Pidie Jaya memfokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan, maka ke depan akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur ekonomi. Dengan demikian bisa mengurangi angka kemiskinan yang masih tergolong tinggi di Aceh. “Basis pembangunan Pidie Jaya ke depan adalah pembangunan infrastruktur ekonomi,” tandas Kepala Bappeda Pidie Jaya Munawar Ibrahim S.Kp, MPH kepada Serambi, Jumat (12/10). Munawar ditanyai Serambi terkait tingkat kemiskinan di Pidie Jaya yang masih berada di urutan tiga se-Aceh. Dikatakan, untuk menggeliatkan roda ekonomi, Pemkab Pijay juga akan berupaya mengurangi disparitas antar berbagai sektor dengan berbagai kebijakan yang tepat.

“Di beberapa sektor ekonomi, terjadi disparitas yang sangat signifikan. Sektor pertanian tanaman pangan berkontribusi besar kepada PDRB, namun tidak diimbangi secara signifikan oleh sektor-sektor lain,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambi, sektor pertanian di Pijay tumbuh dengan baik. Program pembagian benih gratis dan olah tanah gratis dalam beberapa tahun meningkatkan produktivitas lahan. Namun, hal ini belum diimbangi oleh pembangunan di sekor lain seperti peternakan, perikanan, perkebunan, sehingga tingkat kemiskinan pun masih tinggi di kabupaten tersebut.

Seperti diberitakan Serambi sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data penduduk miskin di Aceh. Persentase penduduk miskin tertinggi di Aceh pada 2017, yakni Aceh Singkil sebesar 22,11 persen, Gayo Lues 21,97 persen, dan Pidie Jaya 21,82 persen. Persentase tersebut dari total jumlah penduduk di masing-masing kabupaten. Data tersebut dipaparkan Kepala BPS Aceh, Drs Wahyudin MM dalam ‘Seminar Hari Statistik Nasional Tahun 2018’, di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (27/9/2018). “Dari sisi persentase penduduk miskin tertinggi di Aceh, terdapat di tiga kabupaten tersebut. Persentase kemiskinannya masih di atas 21 persen darijumlah penduduk,” sebutnya kala itu.

Di sisi lain, Munawar mengaku pihaknya akan berdiskui dengan BPS terkait angka kemiskinan tersebut, sehingga punya kesepahaman bersama tentang indikator kemiskinan yang digunakan BPS. “Kita akan berdikusi dengan mereka dan mencari solusi bersama,” tandasnya.(sak)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help