MPD Tuntaskan 4 Draf Regulasi Pendidikan

Tim Ad Hoc Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Utara menuntaskan penyusunan empat

MPD Tuntaskan 4 Draf Regulasi Pendidikan

LHOKSUKON - Tim Ad Hoc Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Utara menuntaskan penyusunan empat draf regulasi pendidikan, yang terdiri atas 2 qanun yang akan direvisi dan dua peraturan bupati (perbup) baru dalam pekan ini. Oleh karena itu pekan depan MPD akan memplenokan draf tersebut sebelum diserahkan kepada Pemkab Aceh Utara dan ke DPRK Aceh Utara.

Penyusunan itu dimulai sejak 20 September hingga 14 Oktober, sebagai tindak lanjut setelah MPD mengadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk merumuskan pendidikan islami di Aceh Utara. Empat regulasi itu, draf revisi Qanun Aceh Utara Nomor 4 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Qanun Nomor 5 tahun 2009 tentang MPD, serta draf Perbup (turunan dari qanun) tentang Perlindungan Hukum Tenaga Pendidik dan Kependidikan, dan Perbup Pendidikan Islami.

“Penyusunan draf tersebut dilakukan empat tim. Tim pertama menyusul draf qanun MPD Aceh Utara, tim 2 menyiapkan draf qanun Pendidikan Aceh Utara, lalu tim 3 menyiapkan perbup tentang Pendidikan Islami dan tim 4 menyusun perbup tentang Perlindungan Tenaga Pendidik dan Kependidikan,” ujar Ketua MPD Aceh Utara Drs Anwar kepada Serambi, kemarin.

Setelah menuntaskan penyusunan tersebut, tim MPD juga sudah melakukan evaluasi dua kali. “Karena itu dalam waktu dekat kita akan adakan pleno. Tujuannya untuk mendapatkan masukan terakhir terhadap draf empat regulasi itu sebelum diserahkan ke DRPK Aceh Utara dan ke bagian Hukum Pemkab Aceh Utara,” kata Anwar. Diharapkan pada 2019 kedua draf qanun tersebut dapat ditetapkan dalam program legislasi daerah (prolegda) di DPRK Aceh Utara untuk dapat ditindalanjuti. (Jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved