Pemkab Aceh Besar Gelar Musabaqah Antardayah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dayah, menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub

Pemkab Aceh Besar Gelar Musabaqah Antardayah
Tgk H Husaini A Wahab 

* Diikuti 70 Peserta

JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dayah, menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) dan Fahmil Kutub (FK) antardayah, yang berlangsung di Masjid Agung Al Munawwarah Kota Jantho, Aceh Besar.

Musabaqah yang berlangsung selama tiga hari itu dibuka Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab, Selasa (16/10). Sebanyak 70 peserta dari sejumlah dayah yang tersebar di seluruh kecamatan, di Aceh Besar, akan berlomba dalam beberapa cabang, diantaranya Ula, Wustha, dan Ulya.

Wakil Bupati Aceh Besar Waled Husaini A Wahab, dalam sambutannya mengatakan, mendukung kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar. “Perlombaan ini akan memberi semangat bagi para santri untuk lebih giat mempelajari, menggali dan memahami kitab kuning secara mendalam,” ujarnya.

Waled Husaini--sapaan akrab Wabup Aceh Besar--mengharapkan, ke depan semua dayah di wilayah itu dapat mengikuti perlombaan seperti ini, sehingga Aceh Besar benar-benar menjadi Kabupaten para santri.

Wabup menambahkan, selama ini masih banyak kebijakan dayah yang belum diinformasikan kepada pemerintah. Padahal, banyak hal-hal positif yang dilakukan santri dayah, seperti pencegahan narkoba. “Jika para pimpinan dayah dilibatkan dalam pencegahan narkoba, akan lebih mudah dan sampai ke masyarakat,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar yang juga Ketua Panitia, Adi Darma SPd MPd menyebutkan, Musabaqah Qiraatil Kutub dan Fahmil Kutub ini merupakan agenda tahunan. Tujuan untuk menjalin ukhuwah sesama santri dayah dan dan juga meningkatkan pemahaman sumber daya manusia santri tentang pembacaan kitab kuning serta menciptakan santri yang professional dalam memahami kitab kuning.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny dalam sambutannya menyambut baik gelaran Musabaqah Qiraatil Kutub dan Fahmil kutub di Aceh Besar. “Insya Allah tahun depan akan digelar musabaqah serupa tingkat provinsi,” ujarnya. (aji)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved