Salam

Berhati-hatilah di “Musim Bencana”

Pekan ini hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah Aceh. Menurut laporan, sampai Selasa (16/10) sore ada enam

Berhati-hatilah di “Musim Bencana”
ist
Hujan deras yang melanda kawasan Aceh Jaya dan sekitarnya sejak Senin (15/10/2018) mengakibatkan sejumlah wilayah di Aceh Jaya terendam banjir, Selasa (16/10/2018). 

Pekan ini hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah Aceh. Menurut laporan, sampai Selasa (16/10) sore ada enam kabupaten yang sudah terkepung banjir luapan air sungai yang disertai dengan rusaknya sejumlah fasilitas umum seperti jalan, jembatan, dan lain-lain. Aktivitas masyarakat dan proses belajar mengajar di sejumlah sekolah juga terpaksa dihentikan sementara.

Keenam wilayah yang terendam meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Selatan, Pidie, dan Aceh Tengah. Dan, dari data sementara, wilayah paling parah terdampak banjir adalah Kabupaten Aceh Jaya. Di daerah ini, banjir merendam setidaknya 44 desa dalam tujuh kecamatan. Ada 10.000 jiwa harus merasakan bencana ini, sebagian dari mereka malah harus diungsikan.

Di Aceh Barat, banjir merendam 21 desa dalam delapan kecamatan. Satu rumah amblas ke dasar sungai Krueng Meureubo. Transportasi darat Meulaboh-Kuala Bhee sempat terganggu. Di Kabupaten Nagan Raya, aktivitas belajar mengajar sejumlah sekolah lumpuh total karena rendaman banjir berketinggian mencapai 1 meter.

Di Aceh Selatan, banjir merendam 11 kecamatan dan sebagian warga mengungsi. Di wilayah ini juga terjadi beberapa titik longsor yang sempat memutuskan hubungan antardesa dan antarkecamatan.

Di Kabupaten Pidie, luapan sungai memporak-porandakan bangunan milik masyarakat dan fasilitas publik di Kecamatan Geumpang. Ada rumah warga yang hanyut terbawa arus deras air Sungai Geumpang. Beberapa ruas jalan, jembatan, dan fasilitas publik di wilayah ini juga rusak.

Itulah laporan sampai Selasa (16/10) sore. Dan, saat laporan itu diturunkan, hujan deras masih mengguyur sejumlah wilayah Aceh. Menurut BMKG, cuaca semacama ini masih akan terjadi hingga beberapa hari bahkan beberapa pekan ke depan. Artinya, dampak-dampak yang kemungkinan timbul akibat guyuran hujan masih berpotensi terjadi. Selain banjir, biasanya hujan deras yang turun berhari-hari juga mengakibatkan terjadinya tanah longsor dan banjir bandang di lokasi-lokasi tertentu.

Oleh sebab itulah, pada musim seperti ini, kita berharap pemerintah lebih aktif “mewarning” masyarakat yang berdomisili atau beraktivitas di titik-titik rawan bencana. Selain itu, masyarakat juga harus bersikap hati-hati dengan mematuhi amaran-amaran dari pemerintah.

Akhirnya, sebagai muslim kita tetntu berdoa kepada Allah Swt agar kita terhindar dari bencana, dan semua kita akan baik-baik saja. Aamiin.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved